Audi Kembangkan Teknologi Suara 3D dalam Mobil

Berita Otomotif

Audi Kembangkan Teknologi Suara 3D dalam Mobil

INGOLSTADT - Film 3D rasanya sudah menjadi hal biasa. Namun apa jadinya jika ada suara 3D di dalam mobil?

Ya, inilah kabar gembira bagi para pecinta audio mobil. Audi kini menciptakan sebuah teknologi audio yang mampu menghasilkan suara sejernih aslinya.

Teknologi yang akan diaplikasi oleh New  Audi Q7 2016 ini merupakan suatu komponen Advanced Sound System dari Bang & Olufsen dan Bose Surround Sound. Audi mengembangkannya untuk Bang & Olufsen dengan mitranya Fraunhofer Institute for Integrated Circuits di Erlangen, dan menciptakan algoritma tepat untuk menghasilkan suara yang diinginkan.

Ada beberapa tahap yang dilakukan. Tahap pertama yang dilakukan dalam proses pengeluaran suara adalah pembongkaran data musik oleh sebuah softwere. Hal ini untuk mendapatkan data lengkap tentang musik tersebut. Contoh ketika seorang bernyanyi di panggung, lantai, atap dan dinding memantulkan suara dalam waktu yang berbeda beberapa milidetik.

Dengan menggunakan sumber suara berbeda, algoritma yang dimiliki Audi dapat menghitung secara matematis dan tepat dari setiap ruang rekaman sehingga menjadikan suara yang dihasilkan memiliki kualitas maksimal.

Langkah kedua adalah menggabungkan kembali bagian-bagian suara rekaman sesuai dengan ruang rekaman asli. Ini memerlukan perhitungan yang sangat cermat. Dalam Bang & Olufsen Advanced Sound System memiliki prosesor sinyal digital yang disalurkan melalui 11 channel dan 23 speaker di titik-titik tertentu untuk menghasilkan posisi suara yang tepat.

Dikabarkan, Audi juga telah mengembangkan subwoofer dengan ukuran diperbesar menjadi 250 milimeter dan amplifier baru yang mampu melepas 1.920 watt -- menjadi jaminan menghasilkan daya besar untuk segala macam musik. 

Tak hanya itu, Bose Surround Sound system yang mampu menghasilkan suara surround melalui 20 speaker, dan dilengkapi dengan 4 speaker yang terletak lebih tinggi untuk menghasilkan suara 3 dimensi.

Audio 3D yang dimiliki oleh Audi ini merupakan kelanjutan dari tradisi peningkatan kualitas audio Audi. Pada tahun 2005, Audi memulai pengembangan dengan memasukkan high-end sound di Audi A8. Kemudian pada tahun 2014, Audi TT mengadopsi Symphoria technology yang merupakan pengembangan audio dari Audi dan Fraunhofer Institute.

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual