Audi A4 Disulap Jadi Mobil Kayuh Pembakar Kalori

Berita Otomotif

Audi A4 Disulap Jadi Mobil Kayuh Pembakar Kalori

DELFT – Audi A4 berhasil disulap menjadi sebuah prototipe ‘mobil sehat’ yang bisa membakar kalori karena akselerasi terjadi bukan dengan menekan pedal gas, tapi mengayuhnya seperti sepeda.

Mobil konsep tersebut, seperti diwartakan Carscoops baru-baru ini, dinamakan FitCar PPV dan diklaim sebagai mobil pembakar kalori pertama di dunia. Kendaraan purwarupa ini merupakan karya Nasser Al Shawaf yang menggandeng BPO, perusahaan asal Belanda di bidang pengembangan produk serta keteknikan (engineering).

“Ini adalah prototipe kedua. Audi A4 Avant dipilih karena kabinnya yang ergonomis sehingga pengendara bisa nyaman mengayuh sembari melakukan aksi-aksi fisik lain yang terjadi saat melakukannya,” terang Oscar Brocades Zaalberg, Founder BPO.

Secara sederhana, Fitcar PPV bisa digambarkan sebagai perpaduan antara mobil dengan sepeda. Menggunakan teknologi Pedal Powered Vehicle, Pedal gas serta rem dari Audi A4 Avant 2.0-liter TFSI automatic yang menjadi basis FitCar PPV dipreteli kemudian diganti dengan mekanisme pedal sepeda.

Setelah mobil dinyalakan, pengemudi harus mengayuh pedal agar mobil berjalan. Kayuhannya sendiri tidak berat karena dibantu sistem elektronik kendaraan.

Semakin kencang Anda mengayuh, semakin cepat laju Audi A4 tersebut. Adapun pengereman dilakukan dengan sebuah tuas yang terdapat di kanan bawah setir.

Teknologi PPV diklaim tidak mengurangi performa puncak dan efisiensi bahan bakar maksimal kendaraan. Hanya saja, tercapai atau tidaknya kecepatan puncak memang sangat tergantung dari kayuhan orang di balik setir kemudi.

FitCar PPV mempunyai tiga mode berkendara yakni ‘Drive Slow’, ‘Drive Fast’, lalu ‘No Drive’. ‘Drive Slow’ digunakan dalam kondisi lalu lintas padat, sedangkan ‘Drive Fast’ dipakai ketika lalu lintas lengang atau berada di jalan tol. Sementara, ‘No Drive’ dipilih jika pengemudi ingin terus mengayuh tanpa menyebabkan kendaraan melaju.

FitCar PPV sudah dipatenkan dan kini sedang menunggu keluarnya izin dari otoritas transportasi Belanda agar dapat digunakan di negara-negara Eropa lain. Mobil inovatif ini diklaim bisa membakar 300 kalori dalam waktu 30 menit berkendara

“Kami berambisi teknologi ini diadopsi, entah oleh pabrikan mobil untuk generasi baru city car yang lebih sehat atau oleh kami sendiri dengan menawarkannya sebagai conversion kit di after-market,” lanjut Zaalberg. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support