Atasi Penularan Corona, Dinas Perhubungan DKI Jakarta Siapkan Langkah Pencegahan

Berita Otomotif

Atasi Penularan Corona, Dinas Perhubungan DKI Jakarta Siapkan Langkah Pencegahan

JAKARTA – Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan beberapa langkah pencegahan penularan virus Corona.

Langkah-langkah tersebut diantaranya adalah dengan menginstruksikan operator penyedia jasa untuk melakukan pembersihan secara intensif dan berlaka terhadap kendaraan umum, halte dan stasiun. Selain itu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga akan menyediakan cairan pembersih tangan untuk digunakan para penumpang dan petugas.

Saat ini, sejumlah penyedia jasa angkutan umum seperti TransJakarta, MRT Jakarta dan LRT Jakarta telah melakukan pembersihan unit. Pembersihan tersebut kini sudah dilengkapi dengan cairan disinfektan.

Selain itu, suhu tubuh penumpang juga diperiksa. Hal ini karena salah satu tanda seseorang terkena virus Corona adalah suhu tubuhnya tinggi. Bagi mereka yang memiliki suhu lebih dari 38 derajat maka tidak akan diperkanankan untuk menggunakan transportasi umum.

Keputusan tersebut memang terbilang sedikit terlambat dibandingkan negara-negara lain. Korea Selatan misalnya, jangankan menggunakan transportasi umum, suspect Corona bahkan akan diperiksa di dalam kendaraan pribadinya.

Langkah ini untuk mencegah penularan virus di area ruang tunggu Rumah Sakit. Dengan demikian, risiko semakin mewabahnya virus Corona dapat diminimalisir dan jumlah penderita diharapkan berangsur berkurang.

Dinas Perhubungan DKI Jakartya juga memberikan sedikitnya empat tips yang diberikan untuk mencegah Corona yaitu:

1. Sering cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer setelah menyentuh handgrip, uang, eskalator, dan lain-lain

2. Menggunakan sarung tangan jika diperlukan.

3. Gunakan tisu untuk mengelap atau ingin menyentuh wajah. Hindari menyentuh wajah secara langsung apabila belum cuci tangan

4. Jangan menggunakan masker apabila tidak sakit.

[Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar