Cegah Kemacetan, Rest Area Ditutup Saat Libur Panjang

Berita Otomotif

Cegah Kemacetan, Rest Area Ditutup Saat Libur Panjang

BEKASI – Jasa Marga akan menutup sejumlah rest area guna mengatasi kepadatan lalu lintas saat libur panjang akhir Oktober 2020.

Diperkirakan masyarakat akan memanfaatkan libur panjang dan cuti bersama di akhir bulan Oktober dengan meninggalkan Jakarta. Lalu lintas diperkirakan akan lebih padat dan diperlukan sejumlah langkah untuk mengantisipasnya.

Salah satu langkah yang dilakukan oleh Jasa Marga adalah dengan menutup Rest Area yang dinilai akan menjadi penyebab kemacetan. Untuk itu, setidaknya akan ada 2 Rest Area yang akan ditutup sementara. Kedua rest area tersebut adalah  Rest Area KM 50A Arah Cikampek dan Rest Area KM 52B Arah Jakarta.

Rest Area ditutup
Berikut adalah jadwal penutupan rest area tersebut.

  • Rest Area 50A: Dimulai pada tanggal 27 Oktober 2020 pukul 16.00 WIB s.d 28 Oktober 2020 pukul 16.00 WIB
  • Rest Area 52B:  Dimulai pada tanggal 1 November 2020 pukul 08.00 WIB s.d 2 November 2020 pukul 08.00 WIB

Di luar jadwal tersebut, petugas operasional akan melakukan buka tutup secara situasional atau sesuai diskresi Kepolisian.

Simpul kemacetan di Rest Area
Selama ini rest area di ruas jalan tol memang selalu menjadi simpul kemacetan saat libur panjang. Hal ini karena pengguna rest area beristirahat terlalu lama sehingga menyebabkan penumpukan kendaraan.

Sejumlah langkah pun telah dilakukan untuk mengindari hal tersebut terjadi. Sayangnya, semua langkah yang sudah dilakukan dinilai masih belum mencukupi sehingga kemacetan di jalan tol masih saja terjadi.

Salah satu yang pernah dilakukan adalah dengan membatasi waktu istirahat di rest area saat musim liburan Natal dan Tahun baru 2020. Ketika itu, pihak Kepolisian membatasi waktu rehat para pengendara antara 30 – 60 menit. Dengan langkah ini diharapkan pengemudi tidak istirahat terlalu lama dan tidak terjadi penumpukan.

Selain itu, sejumlah rest area juga sudah memperluas tempat parkir guna menghindari adanya kendaraan yang parkir di luar rest area. Langkah ini dilakukan guna menghindari adanya kendaraan yang parkir di bahu jalan untuk beristirahat. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar