Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Astra Otoparts Menang Banyak, Raup Laba Rp 611 Miliar di 2018

Berita Otomotif

Astra Otoparts Menang Banyak, Raup Laba Rp 611 Miliar di 2018

JAKARTA - PT Astra Otoparts Tbk (Astra Otoparts) berhasil mendapatkan keuntungan sebesar Rp 611 Miliar di tahun 2018.

Jumlah tersebut naik 10,8 persen jika dibanding laba tahun lalu yang hanya menorehkan laba sebesar Rp 551,4 miliar. Peningkatan tersebut diklaim karena penjualan kendaraan khususnya roda empat berhasil meningkat meski tipis dibandingkan tahun 2017.

Dari jumlah tersebut, Astra Otoparts akan membagikan 40 persen keuntungannya sebagai dividen tunai. Sisa laba akan digunakan lagi sebagai modal untuk meningkatkan laba di tahun 2019 yang diperkirakan pasarnya masih stagnan.

“Tahun 2019 kami akan berusaha untuk tumbuh di atas pasar atau industri. Dengan strategi kami yaitu meningkatan after market, dimana lebih berkaitan dengan unit in operation,” tutur Hamdhani Dzulkarnaen Salim, Presiden Direktur Astra Otoparts.

Menurutnya, dengan mengandalkan after sales, maka pihaknya tidak perlu terlalu tergantung dengan jumlah kendaraan yang terjual tahun ini. Karena, jumlah kendaraan yang beroperasi di jalanan jumlahnya jauh lebih besar.

“kendaraan yang beroperasi di jalanan untuk sepeda motor ada lebih dari 70 juta. Sedangkan untuk kendaraan roda empat ada lebih dari 10 juta. Ini yang akan jadi fokus kami untuk pasar domestik,” tambahnya kemudian.

Tak hanya itu, Ia pun mengatakan akan meningkatkan jumlah ekspor komponen kendaraan khususnya di kawasan Asia. Hal ini karena mereka mengaku sudah memiliki divisi khusus untuk melayani permintaan dari pasar ekspor.

“Kami juga akan berusaha untuk menambah jenis komponen yang kami suplay ke masing-masing konsumen. Jadi kalau ada brand yang berusaja melokalkan komponen, kami selalu berusaha untuk mendapatkan itu semua,” tambahnya.

Dengan langkah ini bukan tidak mungkin Astra Otoparts dapat kembali meraup keuntungan yang lebih besar meski di tahun ini diperkirakan jumlah penjualan kendaraan masih stagnan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang