Aston Martin AMB 001 Jalani Debut di Sirkuit

Berita Otomotif

Aston Martin AMB 001 Jalani Debut di Sirkuit

PARIS – Aston Martin menguji sepedamotor hasil kolaborasinya dengan Brough Superior di sirkuit.

Pabrikan mobil mewah asal Inggris yang coba membuat sepedamotor sport ini mengalami kemunduran dalam hal pengembangan. Sejatinya karya terbaru mereka sudah mulai di uji coba pada akhir tahun silam, namun akhirnya baru menyentuh aspal lintasan beberapa waktu lalu.

Uji coba pertamanya dilakukan di sirkuit Pau Arnos, Perancis, sebelum pada akhirnya diniagakan. Berdasarkan rencananya, Aston Martin AMB 001 akan mulai dipasarkan mulai akhir 2020. Berbagai teknologi modern dipastikan hadir pada kuda besi satu ini.

“Kami sangat senang melihat banyak kemajuan yang sudah dibuat, baik di dalam maupun di luar dan kami menantikan saat ketika produksi dimulai untuk mesin yang menakjubkan ini,” kata Marek Reichman, Executive Vice President & Chief Creative Office Aston Martin.

Sesi pengujian kali ini dikatakan fokus pada sasis dan layout mesin. Jantung mekanis yang diposisikan paralel, dirancang agar sesuai dengan karakter kendaraan itu sendiri. AMB 001 menggendong mesin 997 cc DOHC 8-valve 88 derajat V-twin.

Dengan diameter X langkah 94 mm x 71.8 mm dan didorong turbocharger, mampu menghasilkan daya maksimum 180 hp. Adapun bobot sepedamotor ini hanya 180 kilogram.

Output mesin disalurkan melalui sistem transmisi manual enam percepatan dan kopling APTC. Saluran gas buangnya dibuat oleh Inconel dengan bahan superalloy sehingga mampu membuang hawa panas dengan sempurna.

Rangkaian sesi pengujian sendiri mengarah pada geometri, aerodinamika dan ergonomi berkendara yang pas. Dikenal sebagai produsen mobil mewah berperforma tinggi dan spesialis mobil-mobil James Bond, Aston Martin tentu membuat secara ekslusif AMB 001 dengan memperhatikan setiap detailnya.

Aston Martin AMB 001 akan diproduksi di pabrik Brough Superior di Perancis. Motor ini disebut hanya akan diproduksi 100 unit dan harganya kelak mecapai Rp 1.7 miliar. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar