Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Aspal Sirkuit Mandalika Diperbaiki, MotoGP Ditegaskan Sesuai Jadwal

Berita Otomotif

Aspal Sirkuit Mandalika Diperbaiki, MotoGP Ditegaskan Sesuai Jadwal

JAKARTA - Para penyelenggara MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika berkejaran dengan waktu memperbaiki aspal serta fasilitas di sana pascates pramusim.

Tes pramusim MotoGP 2022 pada 11-13 Februari kemarin di Sirkuit Mandalika meninggalkan beragam opini maupun masukan dari berbagai pihak. Salah satunya tentang kesiapan trek menggelar balapan seri kedua MotoGP 2022 pada 20 Maret mendatang.

Menanggapi hal ini, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar Mansoer mengatakan salah satu fungsi tes pramusim kemarin memang mencari evaluasi, masukan untuk persiapan penyelenggaraan MotoGP.

Mansoer menyebut ada beberapa poin rekomendasi dari Federasi Balap Internasional (FIM) maupun Dorna Sport sebagai pemegang hak komersial MotoGP yang terkait dengan sirkuit. Salah satunya terkait perbaikan aspal.

“(Masukan) tentang trek atau kualitas aspal, gravel, dan agregat. Di sini kami dapat masukan bahwa memang harus dilakukan perbaikan atau penyempurnaan berdasarkan tes yang terjadi kemarin,” tukas dia dalam konferensi pers virtual pada Rabu (16/2/2022).

ITDC sebagai pengelola sirkuit, kata dia, siap melakukannya melalui koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti PT. Pembangunan Perumahan (PTPP) selaku kontraktor, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai organisator MotoGP di sana, FIM, Dorna Sport, dan lain-lain.

“Kami semua sepakat berkomitmen untuk lakukan apapun yang perlu dilakukan dalam hal penyempurnaan sirkuit dengan tepat waktu karena hanya tinggal sebulan lebih sedikit dan pastinya sesuai standar keselamatan FIM,” tukas Mansoer.

Sebagai informasi, Pebalap tim Aprilia Aleix Espargaro, menurut penelusuran dari berbagai sumber, berpendapat trek di Mandalika belum siap untuk balapan setelah melakukan tes pramusim di sana.

Itu sebabnya para pebalap, menurut Espargaro, tidak bisa mengeluarkan kemampuan maksimal selama tes.

Safety Officer FIM Franco Uncini menyebut di atas trek terdapat kerikil dan aspal yang mengelupas. Ada beberapa bagian trek yang lebih rusak ketimbang lainnya.

Media asing The Race juga menyarankan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika diundur.

Lebih lanjut, Direktur Utama PTPP Novel Arsyad menambahkan semua peralatan perbaikan yang dibutuhkan sudah diberangkatkan dari Jakarta Selasa (15/2/2022) dengan pengawalan khusus.

Material-material perbaikan dari Palu pun akan diberangkatkan pada Kamis (17/2/2022) ini.

“Kami jadwalkan pada 10 Maret nanti, seminggu sebelum (MotoGP) mulai, sudah kami selesaikan. Insya Allah dua hari ke depan (Jumat, 18 Februari 2022--Red) alat-alat berat sudah di sana dan kami kerja 24 jam penuh untuk pastikan sesuai jadwal dan sesuai arahan yang ditentukan balapan kelas dunia ini,” tegas dia. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang