ASEAN NCAP Tunjukkan Pentingnya Teknologi Keselamatan Kendaraan

Panduan Pembeli

ASEAN NCAP Tunjukkan Pentingnya Teknologi Keselamatan Kendaraan

JAKARTA – ASEAN New Car Assessment Programe (NCAP) menggandeng beberapa produsen mobil di Indonesia, guna menunjukkan pentingnya teknologi keselamatan dalam kendaraan.

Sebagai lembaga independen, ASEAN NCAP hadir untuk mengajak para produsen menciptakan kendaraan yang aman. Tidak hanya untuk pengemudi dan penumpang, mobil yang dilempar ke pasar juga harus bisa memberika keamanan bagi pejalan kaki.

Pada acara Vehicle Safety Course (VSC) 2018 di Proving Ground Bridgestone 14 November, kemarin, beberapa pabrikan mobil seperti Toyota, Honda, Mitsubishi, Daihatsu dan Nissan ikut memamerkan sejumlah teknologinya. Selain itu juga terdapat Bosch yang memperlihatkan teknologi keselamatan aktif buatannya.

Toyota dan Honda tampil di area Blind Spot Monitoring (BSM). Toyota melalui C-HR menampilkan teknologi yang terdapat pada spion kanan dan kirinya. Dengan berbekal sensor radar, pengguna Toyota C-HR dapat mendeteksi objek berjarak minimal 3 meter di samping kanan maupun kiri kendaraan. Objek tersebut tidak bisa terlihat pada kaca spion karena masuk dalam wilayah BSM.

Sayangnya SUV terbaru dari Toyota tersebut tidak menyematkan bunyi-bunyian pada teknologi tersebut. BSM pada Toyota C-HR hanya berkedip yang menandakan adanya objek lain di sekitar kendaraan.

Sementara Honda melalui Accord generasi terbarunya menampilkan fitur LaneWatch. Teknologi yang sudah diterapkan sejak 2013 tersebut, berfungsi untuk melihat objek di samping kendaraan di dalam area (BSM). Melalui kamera yang ditempatkan pada spion kirinya, pengemudi dapat melihat objek dengan angle lebih luas, pada monitor di dashboard kendaraan.

Beralih ke area Autunomous Emergency Braking (AEB), diikuti oleh Mitsubishi dan Daihatsu. Sementara Mitsubishi menampilkan teknologi AEB yang dinamakan Forward Collision Mitigation (FCM), pada Pajero Sport generasi terbarunya.

SUV tujuh-penumpang tersebut memiliki fitur Brake Assist (BA) yang dapat melakukan pengereman darurat. Fitur ini dikatakan dapat berfungsi ketika kendaraan melaju dalam kecepatan di bawah 30 km/jam. Pengereman darurat tersebut berfungsi setelah peringatan berikut bunyi-bunyian muncul.

Tidak berbeda jauh dengan Daihatsu yang menampilkan Myvi 1.5. Mobil yang tidak dipasarkan di Indonesia tersebut menunjukkan fitur yang kurang lebih mirip dengan Pajero Sport. Sayangnya fitur tersebut tidak tidak tersedia pada mobil-mobil Daihatsu yang dipasarkan di Tanah Air.

Teknologi yang lebih canggih ditampilkan oleh Nissan melalui Note. Kaca spion tengah yang berada di dalam kabin, tersambung dengan kamera di buritan kendaraan. Kaca spoin tersebut dapat menampilkan mode standar atau mengaktifkan kamera yang bisa menampilkan gambar dengan angle lebih lebar.

Hal ini sangat berfungsi pada kendaraan dengan model rangka monokok atau city car berdimensi kecil. Teknologi tersebut bisa menghilangkan potensi kaca spion terhalang oleh kepala di kabin belakang.

Area selanjutnya ditempati oleh Honda dan Bosch. Honda melalui Mobilio dan BR-V generasi terakhir, menunjukkan pentingnya fitur Electronic Stability Control (ESC) pada mobil. Kedua produk berlambang H tersebut telah tertanam seperangkat ESC dari Bosch yang terdiri dari Yaw rate Sensor, Steering Angle Sensor, ESP HECU dan Wheel Speed Sensor.

Teknologi tersebut membuat kendaraan tetap bisa dikendalikan meskipun tengah menghadapi kondisi berbahaya. Dalam kondisi darurat seperti terdapat kendaraan yang mendadak berpindah jalur, perangkat keselamatan tersebut dapat membuat kendaraan tetap stabil, ketika melakukan manuver.

Lalu Bosch juga menampilkan pentingnya fitur ABS pada sepedamotor. Perangkat pengereman kendaraan ini bisa meminimalisir terjadinya slip atau skid yang diakibatkan ban depan mengunci. Tentunya hal ini memberikan keamanan dan kenyamanan lebih bagi pengendara. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual