Arus Balik Meningkat, Polisi Siapkan Pos Penyekatan

Berita Otomotif

Arus Balik Meningkat, Polisi Siapkan Pos Penyekatan

JAKARTA – Pihak Kepolisian telah menyiapkan pos khusus untuk menyekat pemudik yang hendak balik ke Jakarta.

Sedikitnya akan ada 12 titik pos pemeriksaan arus balik. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pos pemeriksaan itu akan berlaku mulai besok hingga 7 hari setelah Lebaran. Namun, menurutnya, tidak tertutup kemungkinan pos pemeriksaan itu digelar hingga akhir Mei.

“Kalau ini (pos pemeriksaan arus balik) kita akan laksanakan paling tidak hingga sampai tujuh hari pertama Lebaran. Nanti menunggu kebijakan apakah sampai akhir bulan Mei,” tegasnya.

Dalam pos pemeriksaan arus balik itu, petugas akan memeriksa dokumen bebas COVID-19 dari pemudik berdasarkan hasil swab antigen 1×24 jam terakhir. Bagi yang tidak membawa, warga akan dites swab secara langsung di lokasi tersebut.

Arus Balik Meningkat, Polisi Siapkan Pos Penyekatan

“Terkait penyekatan kami sebutkan di ruas tol Cikampek di KM 47 arah Jakarta ini penyekatan arus balik menuju ke arah Jakarta sudah dimulai Jika untuk Jagorawi masih menuju ke arah puncak penyekatan langsung dari kepolisian, arah sebaliknya di KM 38 tempat istirahat jika terkait untuk pemeriksaan antigen dari satgas covid,” tegasnya.

Ia pun menyarankan kepada pemudik yang hendak kembali ke Jakarta untuk melakukan swab test terlebih dahulu. Bila sudah melakukannya, maka pemudik cukup menunjukkan surat bebas Covid-19 kepada petugas dan dapat kembali ke Jakarta.

“Datang ke Jakarta sudah membawa surat bebas COVID-19 sehingga, ketika ada pemeriksaan, dia tinggal tunjukkan. Kalau sudah seperti itu, kita tidak akan periksa,” imbaunya.

Sebelumnya diberitakan bahwa masyarakat dilarang mudik pada hari raya Idul Fitri tahun ini. Larangan tersebut diberlakukan untuk menghindari terjadinya peningkatan penderita Covid-19 di Indonesia.

Sayangnya larangan tersebut rupanya banyak tidak dihiraukan oleh masyarakat dan tetap memaksakan diri untuk melakukan perjalanan mudik. Penyekatakan yang dilakukan oleh pihak Kepolisian pun sempat beberapa kali dipadati oleh pemudik dan bahkan beberapa kali sempat kebobolan.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan maka untuk pemudik yang hendak kembali kerumah terpaksa harus ditingkatkan kewaspadaannya. Salah satunya adalah dengan memastikan warga yang kembali sudah menjalani pemeriksaan Covid-19. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar