Arus Balik Lebih Berbahaya dari Arus Mudik

Berita Otomotif

Arus Balik Lebih Berbahaya dari Arus Mudik

JAKARTA - Mudik ke kampung halaman dengan menggunakan kendaraan pribadi adalah salah satu pilihan. Para pemudik begitu bersemangat untuk ke kampung halaman, tapi ketika harus kembali ke rumah, resiko kecelakaan ternyata lebih tinggi. Arus balik memiliki jumlah kecelakaan lebih tinggi dibanding arus mudik.

Berdasarkan fakta, kata Training Director di The Real Driving Center (RDC), Marcell Kurniawan, kecelakaan saat arus balik lebih tinggi dibandingkan saat pergi mudik.

Salah satu alasan logis kenapa hal itu terjadi adalah karena tubuh yang sudah lelah untuk menghadapi arus mudik dan berkeliling kampung halaman untuk bersilaturahmi. Hal itu membuat tubuh lelah apalagi pemudik, ketika arus balik, pasti memikirkan sejumlah pekerjaan yang menantinya di kantor.

Kondisi fisik yang lelah ditambah tekanan psikologis yang kadang tak disadari pemudik itulah yang pada akhirnya berpengaruh terhadap fokus berkendara.

"Efek psikologis ini membuat orang kurang fokus. Karena driving is full time job. Kalau pikiran kita terganggu, seperti mental down, mengemudi kita juga menjadi tidak baik. Jadi selain kelelahan, efek psikologi juga berpengaruh," papar Marcell.

Karena itu, dia pun menyarankan para pemudik untuk bisa mengatur waktu sebaik-baiknya ketika di kampung halaman. Usahakan, ujarnya, ada waktu luar selama satu hari penuh untuk mengistirahatkan tubuh sebelum kembali ke kota asal. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter   



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support