Aprilia Tuono V4 X Naked Bike Bertenaga 221 HP

Berita Otomotif

Aprilia Tuono V4 X Naked Bike Bertenaga 221 HP

NOALE – Aprilia Tuono V4 X hadir sebagai motor bermesin buas dan bobot yang ringan sehingga menyenangkan di lintasan balap dan hanya diproduksi dalam jumlah terbatas.

Setelah sukses dengan proyek RSV4 X, brand sepedamotor asal Italia ini kembali menelurkan kuda besi supersport yang bertenaga dan ringan. Berkaca dari produk sebelumnya yang ludes hanya dalam waktu beberapa jam saja setelah diluncurkan, Aprilia kembali menggunakan basis mesin V4 untuk motor barunya.

Tuono V4 X menggunakan mesin V4 andalan Aprilia. Namun kali dipadukan dengan rangka motor sport semi fairing. Hasilnya menjadi kendaraan berperforma namun bobotnya ringan dan mampu melesat dengan cepat.

Berbeda dengan versi fairing (RSV4 X), posisi berkendara Tuono V4 X lebih tegak karena setang atau alat kemudinya lebih tinggi. Namun menjadi luar biasa karena motor semi telanjang tersebut mampu memberikan stabilitas yang hampir sama dengan versi fairing.

Motor ini diuji coba di lintasan balap oleh pembalap tester Aprilia yakni Lorenzo Salvadori. Hasilnya menarik karena catatan waktunya 1 menit 50 detik untuk satu putaran. Catatan ini hanya selisih sedikit (+- 3detik) dengan lap time pembalap WSBK.
Aprilia Tuono V4 X

“Ini adalah pengalaman saya menggunakan sepeda motor yang paling menyenangkan selama ini. Perpaduan kenyamanan dan performa itu merupakan sesuatu yang unik. Mesin yang berperforma ini dengan mudah dikendalikan baik untuk biker profesional hingga pemula sekalipun. Paket aerodinamisnya memberikan stabilitas luar biasa untuk motor naked,” ucap Lorenzo.

Tuono V4 X juga berhasil memberikan kesan mengagumkan bagi pembalap MotoGP andalan Aprilia yakni Aleix Espargaro. Menurutnya posisi berkendara dan sistem elektronik yang disematkan memberikan kesan menyenangkan.

“Anda bisa mengendarai motor ini dengan baik dan nyaman. Namun Anda juga bisa mengendarai motor ini untuk melakukan drifting. Ini adalah motor sport murni dengan sisi hooligan,” jelasnya seperti dikutip laman resminya.

Aprilia Tuono V4 X dipasarkan dengan harga Rp 603,9 juta. Sebagai informasi, motor ini hanya diproduksi sebanyak 10 unit saja. Sehingga unit buatan Noale, Italia ini merupakan produk terbatas yang incaran kolektor. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar