Aprilia Tuono V4 dan V4 Factory 2021 Buat yang Doyan Touring

Berita Otomotif

Aprilia Tuono V4 dan V4 Factory 2021 Buat yang Doyan Touring

NOALE – Aprilia merilis Tuono V4 dan V4 Factory di laman resminya dengan berbagai sentuhan di sektor mesin hingga penampilan.

Tidak hanya meluncurkan RSV4 2021, merek asal Italia ini juga merilis varian nakednya. Tuono V4 hadir sebagai motor berpenampilan seksi yang mengusung berbagai teknologi terkini dan membawa teknologi dari MotoGP ke jalanan.

Tuono V4 2021 dikembangkan untuk memberikan kenyamanan berkendara jarak jauh. Dalam hal ini, kenyamanan berkendara ditingkatkan seperti meninggikan handlebar atau alat kemudi. Selain itu, posisi fairing juga mendapat sentuhan dan fungsinya lebih melindungi pengendara.

Aprilia juga melakukan ubahan pada jok yang dibuat lebih nyaman. Namun untuk pembonceng atau penumpang, joknya terlihat terlalu mini dan jauh dari kata nyaman. Aprilia juga memberikan sentuhan pada posisi kaki yang dibuat lebih ke bawah, sehingga pijakan kaki terasa lebih nyaman.

Tuono V4 Factory 2021 dikatakan merupakan motor yang bisa memacu adrenalin. Hal ini dikarenakan mesinnya lebih bertenaga dan manuver lebih menjadi lebih menyenangkan. Suspensi motor ini didukung Ohlins Smart EC 2.0 semi-active.
Aprilia Tuono V4

Layaknya RSV4 2021, Tuono V4 terbaru juga mengusung tampilan yang terinspirasi dari RS660. Fairing mini yang sangat aerodinamis dan terbagi dua, tidak hanya berfungsi untuk memberikan penampilan yang aduhai, namun juga menjaga performa kendaraan.

Tuono V4 2021 telah dibekali lampu-lampu LED lengkap dengan DRL dan disertai bending light. Seperti versi faringnya (RSV4), motor ini juga mengalami penyusutan bentuk tangki dan bagian buntut. Hal ini guna memberikan posisi berkendara yang lebih aerodinamis.

ECU baru dari Marelli dengan kapasitas lebih besar sehingga kemampuan otak dari kendaraan tersebut memiliki fungsi yang lebih banyak. Kendaraan kini semakin luwes karena seluruh operasinya diatur oleh ECU (Ride-by-Wire).

Layaknya RSV4 2021, Tuono V4 juga memiliki enam mode berkendara yang sama. Tiga untuk kebutuhan di lintasan balap, tiga lagi untuk kebutuhan di jalanan biasa. Empat dari mode berkendara tersebut mampu di kustomisasi sesuai kebutuhan pengendara. Dengan mengatur mode berkendara, ECU akan otomatis mengatur kontrol traksi, wheelie, engine brake, ABS dan masih banyak lagi parameternya.

Tuono V4 menggunakan mesin 1.077 cc dengan konfigurasi V4 sesuai dengan namanya. Jantung mekanis kendaraan ini dipercaya mampu menghasilkan daya hingga 175 hp dan torsi 121 Nm. Sebagai motor telanjang, Tuono V4 cukup mampu menghadirkan kesenangan dalam berkendara. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar