Apple iOS 11 Hadirkan Fitur Do Not Distrub While Driving

Berita Otomotif

Apple iOS 11 Hadirkan Fitur Do Not Distrub While Driving

CALIFORNIA - Bahaya menggunakan telpon gengam saat mengemudi dijawab serius Apple dengan fitur terbaru ini.

Meski kesadaran untuk tidak mengakses telpon gengam saat mengemudi sudah semakin baik, namun Apple masih merasa perlu memastikannya dengan melansir fitur baru di iOS 11 bernama "Do Not Distrub While Driving". Hal ini diungkap pada Worldwide Developers Conference (WWDC) yang saat ini sedang berlangsung di San Jose, California, Amerika Serikat.

Fitur ini dianggap sebagai cara baru untuk membantu para pengemudi agar tetap fokus dan konsentrasi pada saat mengemudi. Beberapa sensor pada iPhone dimanfaatkan sebagai alat pendeteksi kapan sang pemilik mulai mengemudi. 

Jika ponsel mendeteksi pemiliknya sedang mengemmudi, maka dengan sendirinya atau secara otomatis akan membungkam semua notifikasi yang masuk. Pada kondisi ini layar langsung berwarma gelap dan tidak bisa untuk serta merta diakses.

Selanjutnya, agar komunikasi tidak benar-benar terputus, pemilik menemukan pilihan untuk mengirim balasan secara otomatis ke pengontak. Syaratnya nama pengontak sudah tercantum di phone book dan tercantum sebagai "Favorit". Dan selanjutnya memberi tahukan kepada calon lawan bicara tadi bahwa sang pemilik telepon gengam tidak dapat merespon panggilan sampai mereka benar-benar sampai di tujuan.

Sementara jika pemilik iPhone sedang tidak mengemudi atau berpergian sebagai penumpang juga akan menerima notifikasi yang sama. Namun mereka hanya cukup menekan ikon "I'm not driving" dan kemudian dapat mengakses secara normal telepon gengamnya.

iOS 11 sendiri akan mulai dirilis pada semester 2 2017 mendatang. Software update ini dapat digunakan mulai pada iPhone 5S hingga model terbaru. Dan sistem operasi ini juga dapat digunakan pada iPod Touch generasi keenam serta iPad terkini.

Hingga saat ini Apple belum memberikan target secara pasti soal keberhasilan fitur "Do Not Distrub While Driving" dalam menekan kecelakaan karena menggunakan telpon gengam khususnya iPhone saat berkendara. Namun setidaknya niat baik untuk meluncurkan fitur pintar ini patut ditiru oleh pabrikan perangkat seluler lainya. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual