Beli Aksesoris dan Suku Cadang Kini Bisa Via Aplikasi Smartphone Asuransi Astra

Berita Otomotif

Beli Aksesoris dan Suku Cadang Kini Bisa Via Aplikasi Smartphone Asuransi Astra

JAKARTA - Asuransi Astra meluncurkan versi terbaru dari aplikasi smartphone mereka, Garda Mobil Otocare, yang kini melayani jauh dari sekadar asuransi.

Rudy Chen selaku Chief Executive Officer Asuransi Astra, dalam peluncuran Garda Mobil Otocare versi terkini pada Kamis (19/9/2019), mengatakan bahwa aplikasi ini pertama kali meluncur pada 2015. Versi termutakhirnya sendiri mereka sebut-sebut sebagai generasi kelima atau ‘5.0’.

“Banyak hal yang dapat diperbuat suatu merek untuk menciptakan diferensiasi. Tapi, kembali lagi, apa gunanya diferensiasi kalau tidak bisa menjadi solusi? Kuncinya adalah customer centricity, apa yang menjadi permasalahan pelanggan, apa yang menjadi kebutuhan pelanggan, itulah yang harus dijadikan fokus sebuah inovasi,” kata Rudy.

Generasi pertama dilempar ke Google Play Store dan Apple Store berbekal fitur-fitur informatif untuk keperluan pengguna kendaraan seperti lokasi SPBU terdekat. Generasi kedua, pada 2016, mulai memasukkan fitur yang bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan dengan adanya fitur Rate Calculator untuk produk asuransi kendaraan bermotor.

Generasi ketiga, pada 2017, punya lebih banyak fitur terkait asuransi. Ada Mobile Claim, Claim Status, dan Emergency Help.

Pada 2018, meluncur generasi keempat berfitur chatbot. Ini merupakan asisten virtual bernama Garxia yang dapat membantu setiap langkah pembelian asuransi.

Generasi kelima dibuat untuk lebih memfasilitasi keinginan konsumen dari awal sampai akhir kepemilikan mobil. Asuransi Astra melakukan riset dan merumuskan 10 tahap dalam siklus pengendara mobil mulai dari membeli mobil, membeli asuransi mobil, memonitor bensin dan dokumen terkait seperti SIM dan STNK, request pelayanan darurat, melaporkan dan memonitor klaim, membeli peralatan-aksesoris-suku cadang, hingga pada akhirnya menjual kembali mobil itu.

Jika pada generasi keempat hanya lima siklus yang bisa dipenuhi, pada generasi kelima seluruhnya sudah bisa diakses lewat fitur Garda Mall Garda Mobile Otocare.

“Seperti berbelanja di mal, tapi tak perlu keluar rumah. Di dalam fitur Garda Mall tredapat banyak ‘toko’ produk otomotif, produk keuangan Astra Financial, dan lapak jual-beli mobil bekas. Kini para pemilik kendaraan tak perlu repot lagi karena dalam satu aplikasi Garda Mobil Otocare 5.0 semua kebutuhan dapat terpenuhi,” papar Rudy. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar