Aplikasi Pokemon Go Jadi Penyebab Lebih dari 100 Ribu Kecelakaan

Berita Otomotif

Aplikasi Pokemon Go Jadi Penyebab Lebih dari 100 Ribu Kecelakaan

INDIANA – Hati-hati, aplikasi Pokemon Go dikatakan menyebabkan lebih 100 ribu kecelakaan di Amerika Serikat.

Beberapa waktu lalu, aplikasi Pokemon Go sempat menjadi viral dan digunakan banyak orang dari seluruh dunia. Saking populernya, permainan yang di desain oleh Sastoru Iwata tersebut di unggah oleh ratusan juta pemilik gadget dalam waktu cukup singkat.

Namun sebuah riset mengatakan bahwa aplikasi ini telah menyebabkan lebih dari 100 ribu kecelakaan di Amerika Serikat pada khususnya. Adalah Professor Mara Faccio dan John J McConell dari Krannert School of Management di Purdue University, menyampaikan bahwa aplikasi tersebut menyebabkan fatalitas meningkat drastis sejak 2011.

Banyak peneliti mengatakan bahwa perangkat smartphone menjadi penyebab kecelakaan fatal tertinggi. Namun menurut kedua Professor tersebut, dalam 18 bulan terakhir sebuah aplikasi menjadi peningkat kecelakaan tertinggi.

Guna melengkapi risetnya, mereka menggunakan data kecelakaan di Indiana sejak 1 Maret 2015 hingga 30 November 2016. Adapun Pokemon Go diluncurkan pada Juli 2016 dan di unggah lebih dari 100 juta pemilik gadget.

Hasilnya adalah setelah aplikasi tersebut diluncurkan, jumlah angka kecelakaan fatal akibat Pokemon Go meningkat 26,5 persen di Indiana. Mereka juga menemukan hasil yang sama pada daerah lain di negeri Paman Sam tersebut.

Hasil riset menunjukkan jumlah kecelakaan pada periode tersebut di atas menjadi 145,623 insiden. Angka ini meningkat sebesar 29.370 kecelakaan, dimana jumlah fatalitas meningkat 256 insiden dalam waktu lima bulan. Selain itu, mereka juga menyebutkan dengan adanya peningkatan kecelakaan maka jumlah kerugian mencapai Rp 98 triliun. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual