Aplikasi Ciptaan 3 Mahasiswa ITB Menangkan Hadiah Rp 50 Juta dari Toyota

Berita Otomotif

Aplikasi Ciptaan 3 Mahasiswa ITB Menangkan Hadiah Rp 50 Juta dari Toyota

JAKARTA - Tim yang terdiri dari tiga mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil memenangkan Toyota Fun/Code 2019 berhadiah puluhan juta rupiah, berkat aplikasi rental mobil inovatif ciptaan mereka.

Toyota Fun/Code merupakan kompetisi pembuatan aplikasi smartphone yang diinisiasi oleh PT. Toyota Astra Motor (TAM). Kompetisi dibuka sejak 8 Agustus dengan total 775 peserta yang terbagi ke dalam 593 tim.

Ratusan proposal ide itu lalu diseleksi untuk disaring menjadi 70 tim yang berhak mengikuti babak akhir pada 2 - 3 November di Ancol, Jakarta. Di sana mereka harus membuat prototipe aplikasi dalam 24 jam.

Ke-70 tim tersebut di Ancol disaring lagi menjadi delapan tim yang harus mempresentasikan aplikasi mereka di depan dewan juri dan seluruh peserta lainnya. Hanya tiga tim yang berhak menyandang gelar juara.

Akhirnya, tim ‘Ga Chibi’ yang terdiri dari tiga mahasiswa ITB didaulat menjadi Juara I dan berhak mendapat hadiah uang Rp 50 juta. Tim beranggotakan Rizky Andyno Ramadhan (19), Feby Eliana Tengry (20), serta Gabriel Bentara Raphael (21) tersebut membuat aplikasi rental mobil inovatif bernama ‘Rento!’

Ketiganya berhasil membuat dewan juri, yang terdiri dari para pakar di bidang industri teknologi informasi, memberikan nilai terbaik. Adapun dewan jurinya adalah Budi Kusmiantoro yang merupakan Chief Technical Officer OVO, Alfred Boediman Managing selaku Director Samsung Research Indonesia, Vikra Ijas Chief yang menjabat Product Officer dan Co-Founder Kitabisa.com, Herman Widjaja Senior sebagai Vice President Tokopedia, Hendro Riyadi selaku Vice President Bukalapak. Terdapat pula beberapa juri dari manajemen TAM.

Saat diwawancarai Mobil123.com usai acara, Feby menjelaskan bahwa berbekal ‘Rento’ pemilik mobil dapat menyewakan kendaraan dengan sistem keyless berbasis Internet of Things dan Kecerdasan Artifisial. Kunci fisik digantikan kunci virtual di dalam aplikasi tersebut dan mesin dapat dimatikan sewaktu-waktu oleh pemilik mobil dari jarak jauh jika waktu sewa berakhir.

“Kunci fisik tetap kita pegang. Hanya ada kunci virtual yang tersambung pada aplikasi. Orang (yang menyewa) bisa buka kunci pintu, nyalakan mesin, dan matikan mesin pakai aplikasi,” tambah Gabriel.

Pemenang kedua dengan hadiah Rp 30 juta adalah tim ‘NL_Lone’ yang menghadirkan aplikasi digital DEFINO (Deaf Assistant of Toyota). Juara ketiga berhadiah Rp 20 juta diraih Tim ‘Focus AR’ dengan ide aplikasi IMMERSIVE EDU.

“Antusiasme para peserta mengikuti ajang kompetisi Toyota Fun/Code sangat tinggi. Ini sekaligus memberi gambaran besarnya potensi sumber daya manusia Indonesia di bidang teknologi masa depan. Kami berharap, kompetisi ini menjadi salah satu ajang yang akan melahirkan profesional andal di bidang IT yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan pembangunan Indonesia ke depan,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM.

Menurut Gabriel lagi, berdasarkan kesepakatan prototipe aplikasi Rento! serta aplikasi hasil pengembangan tim lain menjadi milik penyelenggara. Ia berharap Toyota dapat mengembangkan aplikasi Rento! hingga sempurna. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support