Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kompleks Apartemen ini Bakal Dibenci Para Pencinta Otomotif

Berita Otomotif

Kompleks Apartemen ini Bakal Dibenci Para Pencinta Otomotif

ARIZONA – Kompleks hunian dengan konsep bebas kendaraan pribadi sedang dibangun di Amerika Serikat.

Tempe, Arizona menjadi salah satu saksi bisu tes mobil otonom Google. Akan tetapi, region ini juga akan menjadi lokasi dari proyek kompleks hunian yang tampaknya akan sangat dibenci oleh para pecinta otomotif.

Bagaimana tidak, di sana menurut pemberitaan Carscoops baru-baru ini akan dibangun 'apartemen bebas mobil pribadi' pertama di ‘Negeri Paman Sam’. Pengembang properti tidak akan menyediakan tempat parkir pribadi bagi 1.000 penghuninya kelak.

Sebaliknya, tamu, pengguna ride-sharing (taksi online), maupun orang-orang yang naik kendaraan umum bakal dimanjakan. Pertama, ada area parkir khusus bagi para pengunjung.

Bakal terdapat pula area antar-jemput memadai bagi para pengemudi taksi online. Selanjutnya, pengembang menyediakan fasilitas shuttle bus plus skuter.

Proyek ‘Culdesac Tempe’ menghabiskan dana 140 juta dollar AS (Rp 1,97 triliun). Lokasinya amat strategis bagi pecinta angkutan massal karena dekat dengan stasiun Light Rapid Train (LRT) dan tak jauh pula dari pusat bisnis di kota tersebut.

Artinya, para penghuni sebenarnya tak bakal terlalu direpotkan dengan konsep antimobil pribadi yang diusung apartemen itu. Mereka mudah naik transportasi massal atau malah jalan kaki.

Culdesac, sang pengembang, mengatakan selama ini banyak properti ‘didikte’ oleh seberapa banyak lahan parkir khususnya bagi kendaraan para penghuni. Dengan ketiadaan fasilitas tersebut, Culdesac Tempe dapat mempunyai lahan hijau tiga kali lebih banyak dari rata-rata apartemen.

Tidak itu saja keunggulan-keunggulan Culdesac Tempe. Ada penyediaan lahan khusus untuk co-working space, took-toko grosir, hingga kafe.

Masih ada lagi market hall, lapangan serbaguna, hingga area bagi para komunitas.

Menurut Culdesac, inovasi yang dilakukan para pengembang property telah gagal mengikuti perubahan mobilitas serta industri otomotif di masyarakat. Bahkan, menurut Jeff Berens selaku Co-founder and Chief Operating Officer Culdesac, masyarakat sudah tak terlalu terikat dengan kendaraan pribadi.

“Orang-orang sudah siap meninggalkan kendaraan pribadi mereka untuk gaya hidup lebih dinamis dan lebih banyak berjalan kaki dari sebuah kompleks hunian bebas mobil,” ujarnya. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang