Apakah Proyek Mobil Nasional Hilang Seperti Ditelan Bumi?

Berita Otomotif

Apakah Proyek Mobil Nasional Hilang Seperti Ditelan Bumi?

JAKARTA - Tak terasa sudah 1 tahun Esemka bekerjasama dengan perusahaan yang didirikan oleh AM Hendropriyono PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL). Namun hingga setahun berselang, proyek mobil nasional dan Esemka tak ada kabar. Seolah tenggelam sebelum berlayar.

Pada 6 Februari 2015, ACL (kini menjadi PT  Adiperkasa Citra Esemka karena menggandeng produsen mobil Esemka PT Solo Manufaktur Kreasi) menandatangani kerjasama pengembangan proyek otomotif (mobil nasional) dengan Proton Holding Berhad.

Tak tanggung-tanggung, penandatanganan surat perjanjian oleh pihak ACL yang diwakili oleh Abdullah Mahmud Hendropriyono serta CEO Proton Holding Berhad Daruk Abdul Harith Abdullah, di Malaysia, itu disaksikan langsung Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak, serta mantan perdana menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Herman Prayitno dan Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim, juga melihat secara langsung.

(Baca: Proton Bakal Bantu Indonesia Bikin Mobil Nasional)

Kerjasama ini merupakan buah kerja keras yang telah dilakukan selama dua tahun sebelum kesepakatan terealisasi. PT Citra Adiperkasa Esemka tertarik dalam pengembangan proyek otomotif ini karena komitmen perusahaan swasta asal negeri jiran tersebut yang ingin melakukan transfer teknologi.

Pada tahap awal kerja sama studi kelayakan telah dilakukan untuk enam bulan pertama, dimulai dengan pendaftaran komponen yang bisa diproduksi di Tanah Air. 

Keseluruhan komponen mobil yang akan diproduksi, berasal dari Indonesia. Tujuan akhirnya, menyerap sebanyak-banyaknya tenaga kerja Indonesia dan membuat Indonesia mampu memproduksi mobil sendiri.

Tapi sudah setahun berjalan tak ada kabar lagi dari Esemka. Bahkan bisnis Proton di Indonesia pun terhitung lesu. 

Pertanyaan pun muncul. Bagaimana nasib proyek mobil nasional dan Esemka yang pernah dipopulerkan oleh Jokowi? [Syu/Idr]

Tambahan: Ketika kami berkunjung ke kantor ACE di Menara Kuningan lantai 29, Jakarta Selatan, Jumat lalu (5/2), tak satu orang pun mau memberikan komentar mengenai proyek Mobil Nasional, bahkan seorang Satpam tidak mengizinkan Mobil123 memfoto lobi kantor ACE.

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support