Anti Repot, Bayar Pajak Kendaraan Bisa Online via Aplikasi ‘Signal’

Panduan Pembeli

Anti Repot, Bayar Pajak Kendaraan Bisa Online via Aplikasi ‘Signal’

JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) meluncurkan generasi kedua aplikasi smartphone untuk bayar pajak kendaraan secara online (daring).

Aplikasi bayar pajak kendaraan online ini bernama Signal. Nama itu sendiri merupakan akronim dari Samsat Digital Online.

Seperti dikutip dari situs resmi Polri, aplikasi Signal resmi hadir mulai Agustus 2021.

Signal merupakan penyempurnaan dari generasi pertama yang bernama Samolnas (Samsat Online Nasional). Beberapa kesalahan maupun kekurangan dari generasi pembuka disebut telah diperbaiki.

"Signal adalah implementasi dari Transformasi Polri di bidang pelayanan dengan menampilkan pelayanan yang modern dan berkualitas," jelas Kasubdit STNK Korlantas Polri Kombes Pol Taslim Chairuddin.

bayar pajak kendaraan bermotor online lewat aplikasi Signal

Melalui aplikasi versi termutakhir, masyarakat dapat dengan mudah bayar pajak kendaraan bermotor dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJ) serta pengesahan STNK tahunan via online.

Untuk sekarang, Signal baru bisa diunduh di smartphone berbasis Android. Masyarakat bisa mencarinya di Google Play Store dengan mengetik ‘Signal’ atau ‘Samsat Digital Nasional.

“Aplikasi Signal ini, sebagaimana juga aplikasi E-TLE, sesungguhnya sudah dirancang sejak tahun 2014, dengan kesadaran bahwa suatu saat penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi untuk diterapkan pada sentra pelayanan publik tidak bisa lagi dihindari dan akan menjadi sebuah tuntutan dari masyarakat,” sambung Taslim.

Menurut dia, Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo sendiri sudah menetapkan visi agar kepolisian dapat memprediksi kebutuhan masyarakat ke depan, memiliki rasa tanggung jawab sosial, juga dapat bekerja transparan serta berkeadilan. Visi ini disingkat sebagai ‘Presisi’.

“Maka dari itu, Signal adalah implementasi dari Transformasi Polri di bidang pelayanan dengan menampilkan pelayanan yang modern dan berkualitas,” jelasnya.

Pengesahan STNK tahunan bisa online lewat aplikasi Signal

Tadinya, Signal merupakan bagian program 100 hari Kapolri baru itu. Menurut rencana awal, peluncuran Signal ingin dilakukan pada hari ke-99 dia menduduki posisi tersebut, tepatnya pada 28 Juni 2021.

“Akan tetapi, karena kondisi pandemi Covid-19 dan kesibukan Kapolri dalam mendukung kebijakan PPKM, launching diundur dan direncanakan akan dilaunching bulan agustus sebagai kado ulang tahun kemerdekaan,” pungkas Taslim.

Sebelum Signal, digitalisasi Polri di masa Kapolri baru adalah penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE/tilang elektronik) secara nasional dan aplikasi ‘Sinar’ (SIM Nasional Presisi). Keduanya bisa diluncurkan dalam 100 hari pertama masa jabatan Sigit. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar