Anies Ingin Beri Insentif pada Penduduk Jakarta yang Taat Uji Emisi

Berita Otomotif

Anies Ingin Beri Insentif pada Penduduk Jakarta yang Taat Uji Emisi

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewacanakan adanya insentif agar para pemilik kendaraan bermotor di Jakarta yang rutin melaksanakan uji emisi.

Hal ini ia katakan saat memberikan kata sambutan dalam seremoni peluncuran aplikasi e-Uji Emisi pada Selasa (13/8/2019) di Pendopo Balai Kota, yang disiarkan akun Facebook resmi Pemerintah Provinsi Jakarta. Aplikasi itu sendiri berfungsi memberitahukan aturan uji emisi rutin, lokasi bengkel yang tersedia, serta pencatatan rekam jejak emisi gas buang kendaraan berdasarkan hasil pengetesan.

Sekadar mengingatkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai 2020 bakal mewajibkan seluruh kendaraan bermotor melakukan uji emisi secara rutin. Hal ini, selain perluasan ganjil-genap, merupakan beberapa langkah awal sebelum menerapkan pembatasan usia kendaraan pribadi maksimal 10 tahun pada 2025 yang diatur dalam Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019.

“Aplikasi ini (e-Uji Emisi) harus dilihat dalam perspektfi lebih luas. Bukan hanya untuk dapatkan informasi lokasi uji emisi atau pencatatan hasil uji emisi, tapi akan disambungkan dengan sistem perpajakan, perparkiran, dan smart city kita sehingga akan menjadi agregat data yang bermanfaat,” ucapnya.

Ini dilakukan karena nantinya ada insentif bagi yang sudah mengikuti uji emisi gas buang kendaraan secara rutin dan lolos. Sebaliknya, bagi yang mengikuti dan tidak lolos, bakal ada disinsentif.

“Insentifnya terkait harga parkir, perpanjangan STNK dan pajak kendaraan bermotor. Jadi uji emisi ini akan jadi sebuah keharusan sebelum urus-urus yang lain. Jika tak dilakukan, yang lain-lain itu tak bisa diurus,” paparnya.

Lebih lanjut, Anies menargetkan tahun ini menjadi tahun terakhir longgarnya penerapan aturan uji emisi gas buang kendaraan bermotor. Pada 2020, pemerintah daerah akan melakukan pengawasan lebih ketat

“Pada 2020 kami harapkan mulai disiplin, hanya kendaraan-kendaraan yang sudah lakukan uji emisi yang diproses (perpanjangan STNK dan pajak kendaraan)

Kita targetkan ini tahun terakhir uji emisi longgar. 2020 kita harapkan disiplin, hanya proses kendaraan2 yg sudah lakukan uji emisi,” tandas dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support