Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Listrik Bisa Menyetrum Saat Banjir Itu Salah Kaprah

Berita Otomotif

Mobil Listrik Bisa Menyetrum Saat Banjir Itu Salah Kaprah

BOGOR – Mobil listrik memang belum populer di Indonesia dan pengetahuan masyarakat masih minim tentangnya. Ini kemudian menimbulkan banyak anggapan salah seperti contohnya bahaya mengendarai mobil listrik ketika banjir.

Kurangnya pengetahuan soal mobil listrik ini diakui sebagai satu dari banyak tantangan yang dihadapi para pabrikan setelah regulasi low carbon emission vehicle (LCEV). Regulasi yang ditargetkan terbit pada 2018 tersebut antara lain berisi insentif pajak bagi mobil berbahan bakar alternatif.

Training Instructor PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Rahardito Dio Prastowo menyatakan para konsumen di pasar otomotif Tanah Air masih banyak kekhawatiran mengenai mobil listrik, khususnya soal keamanannya bagi penumpang. Pemikiran keliru itu misalnya kemungkinan tersetrum listrik. Padahal, ini terjadi karena kurangnya pemahaman publik.

“Justru hal yang paling pertama diperhitungkan dalam pengembangan mobil listrik adalah bagaimana keamanan saat kondisi banjir itu,” tegasnya di sela-sela seminar yang diselenggarakan Forum Wartawan Otomotif (Forwot) pada 12 – 13 Mei di Bogor, Jawa Barat.

Rahardito memberi contoh sistem keamanan pada mobil listrik Mitsubishi i-MiEV. Ia menerangkan bahwa city car tanpa polusi itu aman melewati banjir meski baterai lithium-ion miliknya terletak di bagian lantai kendaraan.

“Jadi ada semacam sekering pemutus aliran listrik ketika terjadi banjir atau kecelakaan. Saat kecelakaan, ada G-Sensor yang bisa membaca tumbukan atau kondisi kendaraan terbalik, kemudian sistem secara otomatis memutus aliran listrik dari baterai. Tegangan tetap ada tapi enggak mengalirkannya ke komponen lain. Insulasinya sudah sangat baik,” papar dia.

Ia mengakui, dengan adanya tegangan di dalam baterai, masih ada kemungkinan komponen itu meledak. Namun, jika pun itu terjadi, tidak akan ada potensi bahaya bagi konsumen karena insulasi yang telah melalui riset panjang.

“Baterai memang tetap bisa meledak tapi insulasinya sangat baik dan sangat rapat. Seandainya meledak pun efekya hanya membuat sasis bagian bawah gembung. Tidak ada, misalnya, menyentuh sasis lalu tersetrum,” jelas Rahardito. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang