Andrea Dovizioso Terancam Pensiun Tanpa Gelar

Berita Otomotif

Andrea Dovizioso Terancam Pensiun Tanpa Gelar

BARCELONA – Andrea Dovizioso yang akan berpisah dengan Ducati pada akhir musim, terancam pensiun tanpa hadirnya gelar.

Seorang pembalap profesional tentunya memasang target tertinggi adalah menjadi juara di akhir musim. Pada kelas para raja yakni MotoGP, menjadi juara dunia merupakan pencapaian tertinggi di muka bumi seorang pembalap.

Berlaga di kejuaraan sekelas MotoGP, para pembalap secara ketat bersaing hebat untuk bisa mendapatkan gelar. Meskipun tidak semua rider mengalami nasib baik di kejuaraan tersebut, sehingga akhirnya tersisihkan.

Untuk bisa bertahan saja di kejuaraan tersebut, seorang pembalap tidak hanya harus kencang di lintasan. Namun dukungan materiil di belakang seorang rider juga ikut menentukan masa depannya di MotoGP.

Lalu agar bisa menjadi juara, banyak cara yang bisa ditempuh seorang pembalap hingga akhirnya menyandang gelar. Setidaknya hal inilah yang diungkapkan oleh Dovizioso yang posisinya di klasemen sementara baru digeser Fabio Quartararo.

“Salah satu hal positif di MotoGP adalah banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi juara. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi pembalap tercepat atau pemenang balapan. Setiap pembalap pasti tahu mana yang terbaik untuk dirinya,” ucap Dovizioso.

Sebagai pembalap Ducati, Dovi memiliki banyak kecepatan dari motornya. Ducati Desmosedici terkenal memiliki tenaga mesin paling besar diantara seluruh manufaktur di MotoGP. Namun kelemahan motor ini ada pada handling dan tidak banyak pembalap yang sukses membesut Ducati.
dovizioso

Seperti disebutkan di atas, banyak cara untuk bisa merebut gelar. Selain memenangkan banyak seri balapan, seorang rider bisa juga mendapatkan gelarnya dengan tampil konsisten. Sebut saja mendiang Nicky Hayden yang meraih gelar juara dunia pada 2006.

Pembalap asal Amerika Serikat tersebut meraih gelar juara dunia MotoGP 2006 bersama Repsol Honda, hanya menorehkan dua kali kemenangan. The Kentucky Kid tersebut meraih kemenangan di Assen, Belanda dan Laguna Seca, Amerika Serikat.

Catatan Kenny Robert Jr bersama Suzuki sedikit lebih baik pada saat dirinya meraih gelar juara MotoGP 2000 (GP 500). Rider asal Paman Sam ini meraih empat kemenangan untuk bisa dinobatkan sebagai juara dunia. Ia hanya berhasil memenangkan balapan di Sepang, Jerez, Catalunya dan Jepang.

Artinya bisa saja Dovizioso meraih gelar meskipun jarang memenangkan lomba. Dengan catatan para pembalap lainnya tidak tampil konsisten. Sebaliknya jika gagal meraih gelar, Dovi terancam pensiun tanpa gelar layaknya Dani Pedrosa. Karena hingga saat tidak ada tim yang kursinya masih kosong untuk tahun depan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar