Ambisi Yamaha Menjadi 'Raja Skutik' (Lagi)

Berita Otomotif

Ambisi Yamaha Menjadi 'Raja Skutik' (Lagi)

JAKARTA - Penjualan skuter otomatis alias skutik saat ini merajai pasar motor Indonesia. Yamaha yang dahulu pernah menguasai segmen ini sebelum disingkirkan Honda pun sudah punya ambisi untuk merebut kembali singgasana mereka.

Pada tahun 2014 lalu ada 7.908.941 motor yang terjual. Dari angka itu 67,33% adalah skutik yang membukukan angka penjualan hingga 5.324.992 unit.

Honda menguasai sekitar 73 persen dari segmen skutik dengan 3,8 juta unit. Di sisi lain, sekitar 1,3 juta unit dikuasai oleh Yamaha yang dahulu pernah menjadi raja di kelas ini.

Kini Yamaha sedang mempersiapkan diri untuk menjadi 'raja skutik' kembali. Berbagai persiapan tengah dilakukan termasuk para peluncuran Mio M3, NMAX dan All New Soul GT dalam 3 bulan terakhir ini.

"Saya rasa tidak lama lagi kami bisa dominan di segmen automatic," kata bos Yamaha Indonesia, Dyonisius Beti.

Untuk mencapai target tersebut, barbagai cara dilakukan. Deretan produk baru kini tengah dipersiapkan oleh Yamaha untuk pasar Indonesia.

"Masih akan banyak produk Yamaha yang akan kita luncurkan di Indonesia," tegasnya.

Meski begitu, salah satu hal krusial yang harus segera dilakukan Yamaha bila ingin menguasai pasar skutik di Indonesia adalah dengan meningkatkan kapasitas produksi mereka di Indonesia.

Bukan apa-apa. Kapasitas produksi skutik Yamaha saat ini masih sekitar 3 juta unit saja. Angka itu masih jauh di bawah Honda yang sekarang kapasitas produksinya mencapai 5,1 juta unit. [Syu/Idr]

 

Temukan motor idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support