Alternatif Pembersih Kaca Mobil dari Jamur Membandel

Berita Otomotif

Alternatif Pembersih Kaca Mobil dari Jamur Membandel

JAKARTA – Menghilangkan jamur pada kaca mobil tidak harus mahal karena banyak solusi untuk membuat pandangan ke jalan kembali jelas dan cerah.

Kaca mobil khususnya bagian depan dirancang untuk memberikan pandangan yang sempurna untuk pengemudi. Namun salah satu komponen kendaraan satu ini kerap luput dari perhatian pemilik kendaraan. Terlebih saat musim hujan dengan intensitas tinggi.

Saat lalai melakukan perawatan terhadap kaca mobil, maka risikonya adalah hadirnya jamur. Jamur ini akan mengganggu pandangan ke jalan. Pada saat malam hari, jamur bisa mengaburkan obyek sehingga berisiko pada keselamatan.

Obat jamur yang ditawarkan di berbagai toko aftermarket menawarkan performa yang berbeda-beda. Harga obat jamur kaca mobil juga ada yang sampai menguras kantung. Pada umumnya harga menentukan kualitas suatu produk, termasuk pembasmi jamur kaca. Namun ada beberapa peralatan yang mudah ditemui namun bisa juga dijadikan obat pengusir jamur pada kaca mobil. Berikut ini daftarnya yang kami rangkum dari laman resmi Suzuki.co.id.

Alkohol

Bahan kimia satu ini pada umumnya digunakan untuk mengobati luka pada tubuh manusia atau hewan. Namun ternyata, cairan ini juga bisa dijadikan alat untuk pembasmi jamur pada kaca mobil kesayangan.

Anda cukup membasahi kain dengan alkohol dan gunakan itu untuk menggosok seluruh permukaan kaca mobil. Usahakan selalu menggunakan kain berbahan lembut agar permukaan kaca mobil Anda tidak tergores.

Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan jamur. Bahan ini berbentuk gel sehingga tidak berpotensi untuk merusak body mobil.

Pasta Gigi

Gel yang biasa dipakai untuk membersihkan rongga mulut dan khususnya gigi, ternyata memiliki kegunaan lain. Menyenangkannya pasta gigi bukanlah suatu produk yang sulit untuk ditemukan. Pada umumnya setiap rumah pasti memiliki pasta gigi.

Pertama, Anda dapat mengoleskan pasta gigi pada permukaan kaca mobil yang terkena jamur. Diamkan beberapa saat hingga pasta gigi tersebut mengering. Setelah kering, kemudian bilas dengan air bersih sekaligus menggosoknya dengan kain lembut hingga jamur hilang.

Setelah bersih Anda dapat mengeringkannya dengan kain lembut yang kering. Anda harus memastikan jika tidak ada lagi bekas air yang tersisa di permukaan kaca.

Minuman Soda

Minuman berkarbonasi ini ternyata tidak hanya bisa menghilangkan dahaga, namun juga mengembalikkan tampilan kaca mobil. Untuk menghilangkan jamur, Anda bisa menggunakan merek apapun yang bersoda tentunya.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam penggunaannya adalah membersihkan seluruh permukaan kaca mobil dengan kain kering. Kemudian, gunakan kain lembut yang telah dibasahi dengan minuman bersoda untuk mengelap kaca mobil tersebut.
Alternatif pembersih kaca mobil
Pastikan Anda menggosok kaca mobil dengan lembut dan perlahan agar tidak meninggalkan goresan pada kaca. Pastikan pula Anda tidak mencampur minuman soda dengan air biasa karena akan menimbulkan reaksi kimia dan mengurangi manfaatnya.

Setelah selesai, keringkan permukaan kaca dengan menggunakan lap fiber. Jangan sampai ada yang tertinggal atau hal ini bisa menyebabkan munculnya jamur baru pada kaca mobil Anda.

Pemutih Pakaian

Menghilangkan jamur pada kaca mobil bisa juga menggunakan pemutih pakaian. Caranya pun mudah. Anda hanya cukup membasahi kain lembut dengan cairan pemutih pakaian. Anda bisa menggunakan pemutih yang biasa dijumpai di pasaran.

Kemudian gunakan kain basah tersebut untuk menggosok permukaan kaca mobil yang terkena jamur. Setelah jamur terangkat, Anda dapat membilas seluruh permukaan kaca mobil dengan air bersih. Pastikan Anda menggosoknya dengan lembut agar kaca mobil yang dibersihkan tidak tergores.

Semua upaya di atas harus dilakukan dengan teliti agar kaca kembali kinclong. Namun bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk mengerjakan sendiri, maka salon mobil saat ini di kota-kota besar telah banyak bertebaran, sehingga Anda bisa menyerahkan pada ahlinya. Prosesnya lebih cepat dan hasilnya memuaskan, hanya saja Anda harus keluar budget lebih besar. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar