All-New Suzuki Vitara Masih Jauh Masuk Indonesia

Mobil Baru

All-New Suzuki Vitara Masih Jauh Masuk Indonesia

JAKARTA - Suzuki awal bulan ini baru saja menghentak dunia otomotif global ketika menghadirkan all-new  Suzuki Vitara di Paris, Prancis. Sayangnya, untuk Indonesia, para pecinta All-New Suzuki Vitara2016 haruslah bersabar.

Sebab, menurut Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales Davy J Tuilan, Suzuki belum memiliki rencana untuk memasukkan salah satu Sport Utility Vehicle (SUV) andalan mereka ini ke Nusantara.

"Belum ada rencana. Tahun ini tidak masuk. Tahun depan juga sepertinya tidak," katanya di Jakarta.

Suzuki Vitara sendiri sebelumnya telah hadir di Paris Motor Show 2014. Di ajang itu, pabrikan yang bermarkas di Hamamatsu ini menjanjikan akan memproduksi All-New Suzuki Vitara 2016 pada awal tahun depan. Pabrik Suzuki di Hungaria akan memproduksi SUV yang dilahirkan pertama kali pada 1988 ini.

Desain eksteriornya baru namun tetap membawa karakter yang melekat pada model saat ini -- bagian depannya terlihat mirip. Bumper depannya membentuk trapezoid untuk memberikan kesan berotot, sementara garis atapnya melandai dengan lembut hingga ke belakang. Kesan modern dan penghematan energi terpancar dari penggunaan LED di lampu-utama.   

Dimensi All-New Suzuki Vitara lebih kecil dibandingkan model sekarang. Suzuki Vitara 2016 memiliki panjang eksterior 4,175mm atau lebih pendek dibandingkan Suzuki Grand Vitara model saat ini (4,500mm), lebar 1,775mm (vs. 1,810mm), tinggi 1,610mm (vs. 1,583mm), dan wheelbase 2,500mm (vs. 2,640mm).

Bagian interior menebarkan aura sporty dan muda dengan hiasan panel instrumen mencolok, desain "U" di seputar tuas transmisi, serta ventilasi udara dan jam bundar. Selain itu Suzuki Vitara 2016 mendapat dua panel atap kaca yang bisa dibuka/tutup secara terpisah.

Sebagai offroader, Suzuki Vitara 2016 mengantungi sistem 4x4 cerdas ALLGRIP dengan 4 mode (Sport, Auto, Snow, Lock). Suspensi depan menganut MacPherson strut dengan perbaikan bentuk lengan bawah, revisi layout rangka suspensi, perbaikan strut yang menghasilkan kekakuan lebih tinggi. Suspensi belakang torsion beam diambil dari Suzuki SX4 S-Cross.

Salah satu kelengkapan keselamatan aktif adalah sistem Radar Brake Support (RBS) -- ketika mobil berjalan pada kecepatan rendah mendeteksi potensi menabrak mobil di depannya maka sistem akan memberikan peringatan suara dan visual di MID kepada pengemudi. Dan jika pengemudi mengabaikannya, sistem akan melakukan pengereman secara otomatis.

Untuk pasar Eropa All-New Suzuki Vitara 2016 akan digelontorkan dalam pilihan mesin 1.6 liter diesel dan 1.6-liter bensin. Masing-masing bertenaga 118 hp, dan bertorsi 320Nm dan 156 Nm.

Baca juga:
Suzuki Celerio akan Dijual Tahun Depan
Suzuki Karimun Wagon R GS Mewah



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual