Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

All-new Suzuki Ertiga Siap Tantang Mitsubishi Xpander

Mobil Baru

All-new Suzuki Ertiga Siap Tantang Mitsubishi Xpander

JAKARTA – All-new Suzuki Ertiga samar-samar mulai kedengaran kehadirannya, konon akan mulai dijual tahun depan dan tentunya siap tantang Mitsubishi Xpander.

Usia dari satu generasi kendaraan di Indonesia bisa mencapai 7 hingga 10 tahun. Namun, itu adalah sebuah perhitungan umum, setiap brand bisa memiliki perhitungannya sendiri. Salah satunya adalah Suzuki yang kabarkan akan meluncurkan all-new Suzuki Ertiga tahun depan.

Jika dihitung dari pertama kali peluncurannya, maka Suzuki Ertiga generasi pertama hanya berusia 6 tahun. Satu tahun lebih cepat dibanding dengan perhitungan siklus hidup sebuah kendaraan secara umum. Dan bila benar itu terjadi tahun depan, maka Suzuki Ertiga akan hadir dengan perubahan total dibandingkan Suzuki Ertiga saat ini.

Menariknya adalah bila generasi pertama diluncurkan pertama kali di India, maka generasi kedua Suzuki Ertiga akan diluncurkan pertama kali di Indonesia. India akan menjadi negara kedua disusul dengan beberapa negara lainnya.

Sayangnya saat dikonfirmasi tentang kabar tersebut, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku APM Suzuki di Indonesia langsung bungkam. Mereka tidak mau berkomentar terhadap kabar yang mulai santer diperbincangkan.

“Belum bisa komentar. Wait and See ya (untuk meluncurkan all-new Suzuki Ertiga),” ungkap Harold Donnel ,Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT SIS.

Ia pun menambahkan bahwa saat ini penjualan Suzuki Ertiga masih terbilang bagus dan stabil. Dengan jumlah penjualan yang tinggi, maka peluncuran generasi kedua dari Ertiga bukan hal darurat dan harus segera dilaksanakan.

“Penjualan Suzuki Ertiga sekarang masih 2.500 – 3000 unit per bulan. Masih okelah. Tapi kenapa ada isu (peluncurkan generasi kedua Suzuki Ertiga) ya?” tambahnya.

Sebagai generasi kedua, maka tidak heran bila ekspektasi dari MPV andalan Suzuki ini tinggi. Salah satunya adalah dengan mengganti platform kendaraannya dengan platform Heartect. Dilansir dari Indianaautosblog, platform ini sudah digunakan di Suzuki Swift terbaru.

Keunggulan platform tersebut adalah bobotnya yang lebih ringan. Saat digunakan di Suzuki Swift terbaru, platform ini turun bobotnya 30 kg. Sementara itu, bobot Suzuki Swift terbaru lebih ringan 120 kg dibanding Swift sebelumnya. Dengan demikian maka sangat menarik bila Suzuki Ertiga generasi kedua memiliki bobot lebih ringan.

Sementara untuk mesin, kami masih belum mendapatkan informasi apapun. Bukan tidak mungkin bila Suzuki Ertiga generasi kedua akan menggunakan mesin lebih besar dibanding saat ini. Salah satu mesin yang bisa digunakan adalah mesin Suzuki Ciaz dengan kapasitas mesin sebensar 1.500cc. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang