All-New Suzuki Ertiga Diklaim Makin Irit Karena Hal Ini

Berita Otomotif

All-New Suzuki Ertiga Diklaim Makin Irit Karena Hal Ini

JAKARTA – All-New Suzuki Ertiga diklaim mempunyai efisiensi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) makin irit, walaupun dimensi dan kapasitas mesin bertambah besar. Tingkat keiritan lebih baik digapai lewat bobot yang malah lebih ringan, juga penyetelan rasio final gear.

Ertiga generasi kedua menjalani debut globalnya di Indonesia di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, 19 – 29 April di JI Expo Kemayoran, Jakarta. Low multi purpose vehicle (LMPV) satu ini memiliki harga tertinggi di bawah Rp 240 juta dan sudah bisa dipesan, dengan pengiriman pertama pada pertengahan Mei.

Head of 4W Product Development PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Yulius Purwanto, dalam konferensi pada Kamis (26/4/2018) di sela-sela pameran, menjelaskan berat All-New Suzuki Ertiga tereduksi meskipun dimensinya bertambah bongsor. Panjang bodinya bertambah 130 mm, sementara lebar maupun tingginya masing-masing bertambah 40 mm serta 5 mm. Mesinnya juga lebih beperforma, dari 1.4 liter menjadi 1.5 l.

Namun, bobot malah berkurang 50 kg. Salah satu alasannya ialah penggunaan platform baru berteknologi HEARTECH.

“Secara teoritis, setiap pengurangan bobot mobil sebanyak 100 kg, efisiensi BBM akan meningkat 5-6 persen. Inilah alasan tingkat konsumsi BBM All-New Ertiga lebih irit 3,3 persen dibandingkan generasi lamanya,” tambah Head of 4W Brand Development and Marketing Research SIS Harold Donnel.

Menurut pengetesan Badan Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (BT2MP) terhadap All-New Ertiga, konsumsi BBM untuk transmisi manual mencapai 18,09 km/liter dari sebelumnya 17,51 km/liter. Adapun transmisi otomatisnya masih menggunakan data lama yaitu 16,73 km/liter karena Suzuki tidak melakukan pengukuran untuk tipe ini.

Satu alasan lain efisiensi BBM All-New Ertiga lebih baik adalah penyetelah rasio final gear. Sebagai contohnya final gear varian GX transmisi manual dikoreksi dari 4.687 menjadi 4.353. Demikian pula final gear GX transmisi otomatis yang berubah dari 4.545 menjadi 4.375.

Platform HEARTECH
Platform HEARTECH baru dipasangkan dengan Ertiga pada generasi kedua. Platform ini sudah lebih dulu digunakan di Ignis serta Baleno Hatchback. Platform HEARTECH diklaim lebih ringan plus rigid.

“Kami melakukan rekonfigurasi terhadap sambungan pelat-pelat, dari yang tadinya berbentuk kotak menjadi segitiga. Poinnya adalah bahwa penggunaan baja, pelat, dan sambungan lebih sedikit membuatnya lebih ringan serta rigid,” papar Harold. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support