All-New Suzuki Ertiga Diklaim Enak Bermanuver Berkat VGR

Berita Otomotif

All-New Suzuki Ertiga Diklaim Enak Bermanuver Berkat VGR

BOGOR – All-New Suzuki Ertiga diklaim lebih enak diajak bermanuver dan lebih mudah dikendarai karena penerapan Variable Gear Ratio (VGR) pada steering rack.

All-New Ertiga diluncurkan pertama kali secara global di Indonesia pada 19 April, memanfaatkan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Adapun selisih harga hanya Rp 2 – 5 juta dibandingkan generasi sebelumnya.

Service Head 4W PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Totok Yulianto menjelaskan bahwa penerapan VGR membuat celah pada gigi steering rack All-New Ertiga agak lebar di tengah dan rapat di pinggir, berbeda dengan gigi steering rack Ertiga lawas yang semua celahnya berukuran sama. Perubahan tersebut menyebabkan lingkar kemudi hanya perlu putaran lebih sedikit untuk sudut belok roda lebih besar.

“Jadi kalau di Ertiga lama perlu putaran setir 90 derajat untuk sudut belok roda tertentu, di All-New Ertiga misalnya saja hanya butuh 45 derajat,” Jelas Totok dalam seminar Forum Wartawan Otomotif, 12 - 13 Mei di Bogor, Jawa Barat.

Di sisi lain, Technical Instructor SIS Heri Purwoko menambahkan bahwa VGR tidak membuat putaran yang lebar pada setir All-New Ertiga kemudian membuat sudut roda berbelok amat jauh. Ini lagi-lagi berkat perbedaan celah gigi steering rack.

“Perhitungannya begini, kalau kita belokkan setir 270 – 440 derajat, steering rack bergerak 45 – 51 mm. Tapi, kalau dibelokkannya 450 – 549 derajat, steering rack bergeraknya kurang dari 45 derajat,” paparnya.

Heri menerangkan bahwa VGR membuat potensi All-New Ertiga mengalami oversteer lebih kecil. Selain itu, muti purpose vehicle (MPV) yang pertama kali hadir pada 2012 ini juga lebih asyik bermanuver, lebih mudah diparkan, plus lebih responsif menghadapi tikungan.

VGR menambah panjang daftar ubahan pada All-New Ertiga. Pasalnya, All-New Ertiga sudah menggunakan platform baru HEARTECH yang lebih ringan namun rigid. Bobotnya pun berkurang 50 kg, dengan efisiensi bahan bakar bertambah.

Sistem penggeraknya sekarang juga berkapasitas lebih besar, dari 1.4-liter menjadi 1.5 liter. Dimensinya juga lebih gambot, dengan desain eksterior maupun interior berubah jauh. Ada pula penyematan fitur-fitur canggih baru khusus pada varian GX seperti Electronic Stability Programme (ESP) serta Smart Key System dengan Start/Stop Button. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual