Test Drive All-new Mazda3, Si Penantang Nyata Honda Civic

Panduan Pembeli

Test Drive All-new Mazda3, Si Penantang Nyata Honda Civic

BOGOR – All-new Mazda3 hatchback dan sedan resmi dikenalkan oleh PT Eurokars Motors Indonesia (EMI) dan dipastikan akan diluncurkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 mendatang.

Sejumlah pengembangan sudah dilakukan, termasuk dari desain eksterior kendaraan yang diklaim terasa lebih dewasa dibandingkan sebelumnya. Meski demikian, Mobil123 menilai ubahan tersebut tidak mengurangi kesan dinamis yang menjadi ciri khas dari mobil-mobil Mazda selama ini.

Bahkan, saat mencoba mobil tersebut disepanjang jalan tol, perfoma kendaraan dinilai sangat baik dan fitur keselamatan yang lengkap berhasil menjadi nilai lebih untuk mobil ini.

Eksterior

Mazda3 hadir dengan desain Kodo yang memang menjadi ciri khas dari mobil Mazda. Namun, kesan sporty terasa sedikit berubah menjadi elegan karena ukuran grille menjadi lebih kecil. Demikian juga bentuk pada kap mesin yang terasa lebih ramah meski tetap menarik.

Desain lampu diklaim menjadi pengembangan yang sangat diperhatikan Mazda pada mobil ini. Mereka mengklaim telah memangkas beberapa komponen yang dianggap berlebihan dan fokus pada tiga elemen utama yaitu sumber cahaya, lensa dan dudukannya. Dengan fokus pada tiga hal ini maka sinar dari lampu dapat lebih fokus dan bersih.

Bergerak ke samping, Mazda3 dilengkapi dengan roda berukuran 18 inchi dengan desain yang menarik. Namun pada bagian belakang, terdapat perbedaan antara sedan dan hatchback yang dinilai penting.

Selain adanya bagasi, pada Mazda3 sedan juga hadir dengan desain lampu yang lebih elegan dan meruncing tajam sehingga terkesan rapi. Sementara untuk Mazda3 hatchback hadir dengan desain yang lebih membulat sehingga terkesan sporty.

Interior

Mazda3 hadir dengan dua pilihan warna interior yaitu hitam dan merah. Secara umum, tidak ada perbedaan antara versi hatchbak dan sedan. Keduanya hadir dengan mengusung konsep ‘less is more’, namun tetap saja tampilannya menarik.

Kursi telah dilapisi dengan bahan kulit dan terasa cukup empuk saat diduduki. Sandaran pun menggunakan desain semi bucket sehingga cukup memeluk punggung saat disandarkan. Posisi mengemudi juga terbilang mudah di atur berkat hadirnya fitur electric seat pada kursi pengemudi.

Mazda3 telah menggunakan layar sebesar 8,8 inchi sebagai pusat hiburannya. Layar ini bisa dikendalikan melalui tuas konstrik yang berada di antara pengemudi dan penumpang depan. Layar ini tidak hanya menampilkan hiburan karena pengemudi bisa melakukan pengaturan seperti fitur keselamatan melalui tuas ini.

Perfoma

Mazda3 hadir dengan mesin SkyActiv-G berkapasitas 2.0-liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 153 hp dan torsi mencapai 200 Nm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi otomatis enam percepatan.

Kini saatnya mencoba pengendalian dari Mazda3 hatchback. Saat pedal ditekan, suara mesin memang tidak terlalu terdengar menderu, salut untuk peredaman suara pada mobil ini. Suspensi terasa mantap meski penumpang belakang mengaku merasa suspensi sedikit keras.

Namun untuk putaran bawah jujur saja terasa sedikit lama untuk mencapai kecepatan yang diinginkan. Perindahan giginya pun terbilang kurang cepat. Namun, saat memasuki putaran atas, kecepatan mobil baru bisa lebih menarik. Bosan merasakan hal tersebut, mode berkendara pun kami ubah menjadi mode sport dan rasanya memang jauh berbeda.

Suara mesin terdengar lebih lantang dan tarikan mesin terasa jauh cepat dibandingkan mode normal. RPM terasa dijaga agar tetap tinggi sehingga tidak perlu menekan pedal gas terlalu dapat untuk mendapatkan kecepatan tinggi.

Demikian pula saat jalan menanjak, rasanya Mazda3 hatchback tidak bisa dipandang sebelah mata. Mobil bisa menanjak tanpa terasa kehilangan tenaga di tengah pendakian. Ukurannya yang compact pun membuatnya lebih mudah untuk melakukan manuver.

Sementara itu untuk Mazda3 Sedan, Mazda mengatakan bahwa suspensi yang digunakan memiliki pengaturan yang sedikit berbeda. Lebih empuk dibandingkan veris hacthback dan itu diakui salah seorang rekan kami yang duduk di belakang. Namun jujur saja, hal tersebut tidak terlalu terasa bila Anda berada di balik kemudi.

Suspensi yang empuk umumnya membuat mobil terasa limbung saat kecepatan tinggi, namun tidak pada Mazda3 Sedan. Saat kecepatan tinggi, mobil tetap terasa stabil dan mudah dikendalikan. Bahkan kemampuan manuvernya pun tidak kalah dengan versi hatchback yang diklaim lebih lincah. Sama seperti versi hatchback, perfoma saat mode berkendara normal memang terasa menjemukan tapi di mode sport menjadi jauh lebih baik.

Saat melakukan test drive ini, kami juga melakukan beberapa pengujian terhadap fitur-ftur keselamatan seperti Lane Departure Warning (LDW) dan Lane keep Assist System (LAS). Saat mencobanya di kecepatan rendah, lingkar kemudi hanya terasa bergetar saat mobil diarahakah ke garis pembatas. Namun saat kami mencobanya di kecepatan tinggi, maka getaran tersebut lebih keras dan mendorong kembali mobil untuk tetap berada di dalam garis.

Kami juga sempat merasakan Smart City Brake Assist yang berfungsi untuk melakukan pengereman otomatis bila pengemudi dirasa terlambat melakukan pengereman. Dengan ini maka diharapkan bisa mencegah terjadinya kecelakaan. Patut dicatat bahwa pengereman tersebut sangat keras dan tidak nyaman namun memang berhasil mencegah terjadinya benturan.

Kesimpulan

Mazda3 Hatchback dan Sedan memang belum resmi diumumkan harganya, namun mobil ini berpotensi besar untuk menjadi penantang nyata bagi Honda Civic yang selama ini cukup melegenda. Perfoma yang baik, sistem keselamatan lengkap serta desain menarik rasanya pantas untuk menjadi perhatian. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support