Mazda CX-8 Diklaim Punya Kasta Lebih Tinggi dari Honda CR-V

Berita Otomotif

Mazda CX-8 Diklaim Punya Kasta Lebih Tinggi dari Honda CR-V

JAKARTA – Mazda CX-8 diklaim tak berada di level kemewahan yang berbeda dari Honda CR-V, meski keduanya sama-sama masih berada di segmen High Sport Utility Vehicle (High SUV).

Seperti diberitakan sebelumnya, CX-8 akhirnya mengaspal di Indonesia pada Jumat (22/11/2019) dengan harga Rp 664,8 juta on-the-road Jakarta bagi tipe Elite dan Rp 746,8 juta on-the-road Jakarta untuk tipe Touring. Ini membuat Mazda punya SUV yang sebanding CR-V (khususnya untuk tipe 1.5-liter turbo) dari sisi performa mesin bensinnya maupun kapasitas penumpangnya.

Akan tetapi, Roy Arman Arfandy selaku Presiden Direktur PT. Eurokars Motor Indonesia (EMI) menyebut model terbaru mereka ini tidak bisa diperbandingkan secara CR-V. CX-8 ia sebut membentuk pasar baru di High SUV.

“Ini segmen baru di antara yang harganya Rp 400 – 500 juta dengan yang Rp 800 juta ke atas… Model dengan harga itu boleh dibilang enggak ada. Memang kami lihat kebutuhan pasarnya ada, yang ingin naik kelas dari harga Rp 500 juta tapi belum mau beli yang Rp 800 juta, Rp 1 miliar. Sekarang ada opsi tak kalah mewah dari model Rp 800 jutaan,” papar dia usai acara peluncuran.

Komparasi Perfoma dan Fitur CX-8 dengan CR-V Turbo
Bagaimana gambaran performa maupun fitur CX-8 dengan CR-V Turbo? Berikut hasil penelusuran Mobil123.com dari situs-situs resmi pabrikan.

CR-V punya satu tipe dengan mesin 2.0-liter dengan kapasitas lima penumpang dengan harga Rp 455,3 juta. Ada lagi dua tipe bersenjatakan mesin 1.5-liter turbo dan berkapasitas tujuh penumpang seharga Rp 490,1 juta serta Rp 531,1 juta.

Segmen High SUV cukup besar dan bisa dibagi antara model-model yang bermesin bensin dan bermesin diesel. Model-model bermesin diesel sudah ada yang menembus Rp 600 juta, tapi model-model bermesin bensin semuanya masih di kisaran Rp 400-500 juta.

Dari sisi keluaran daya dan torsi mesin bensinnya, CX-8 serta CR-V amat mirip. Keduanya sama-sama punya besaran tenaga 187 hp.

Namun, torsi CX-8 lebih besar dengan 252 Nm. Bandingkan dengan CR-V yang 240 Nm.

Dimensi CX-8 unggul dari berbagai perspektif (panjang 4.900 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.730 mm). CR-V, di sisi lain, memiliki panjang 4.584 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.679 mm.

Untuk fitur, CX-8 Elite sebenarnya masih tak terlampau jauh berbeda dengan CR-V tipe tertinggi. Keduanya sama-sama punya sistem pengereman ABS+EBD+BA, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Emergency Stop Signal, dan lain-lain.

Akan tetapi, CX-8 tipe Touring lebih menjanjikan kemewahan karena punya interior berbalut kulit Nappa dan trim kayu asli. Masih ada pula fitur-fitur keselamatan aktif yang tak ditemukan pada CR-V dalam paket fitur keselamatan i-ACTIVSENSE.  [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support