Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

All-new Honda Brio Tetap Hemat BBM Berkat Aerodinamika

Berita Otomotif

All-new Honda Brio Tetap Hemat BBM Berkat Aerodinamika

JAKARTA – All-new Honda Brio memiliki bobot 20 kg lebih berat dari generasi sebelumnya, namun PT Honda Prospect Motor (HPM) mengklaim bahwa konsumsi bahan bakar kendaraan tetaplah hemat.

Bahkan berdasarkan pengujian yang mereka lakukan, konsumsi BBM all-new Honda Brio tetaplah hemat. Untuk Honda Brio bertransmisi manual hanya membutuhkan 1 liter BBM untuk menempuh jarak 20,1 km sedangkan transmisi CVT membutuhkan 1 liter untuk 20,3 km.

“Secara keseuruhan bobotnya lebih berat 20 kg dibanding model sebelumnya. Yang membuat boros salah satunya adalah hambatan udara. Untuk itu, Honda Brio terbaru didesain sedemikian rupa agar lebih aerodinamis,” ungkap Tsutomo Harano, Large Project Leader All New Brio Honda R&D Asia Pacific Co,Ltd.

Beragam aksesoris yang dianggap dapat meningkatkan aerodinamika pun telah disematkan. Sebut saja front spoiler serta bumper garnish yang diklaim dapat mengalirkan udara di bagian bawah kendaraan. Sementara spoiler tailgate berukuran besar juga membantu optimalisasi aliran udara di bagian atas body.

Peningkatan bobot yang dilakukan oleh Honda pun masih dianggap dalam batas wajar dengan toleransi yang dihitung secara presisi dan tentunya memiliki beragam nilai plus. Pasalnya, mobil ini telah memiliki dimensi lebih panjang dan menggunakan struktur yang sama sekali berbeda dengan generasi sebelumnya.

“Selain itu, bobot yang berat juga membuat mobil lebih stabil dan nyaman untuk digunakan. Ada mobil dengan bobotnya lebih ringan dari Honda Brio, tapi ketika dibawa rasanya akan limbung,” tutup Tsutomo. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang