Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

All-New EcoSport Java Adventure: Urban SUV yang Nyaman dan Pintar

Berita Otomotif

All-New EcoSport Java Adventure: Urban SUV yang Nyaman dan Pintar

JOGJAKARTA - All-New EcoSport Java Adventure sudah memasuki hari ketiga. Hari ini, kami mengendarai All-New Ford EcoSport dari Semarang menuju Solo (Surakarta). Tak terasa jauh memang, tapi jalur yang kami lewati terbilang lengkap.

Karena jarak sekitar 100 km yang kami tempuh antara Semarang ke Solo membuat kami mampu 'menyiksa' urban SUV ini dengan berbagai kondisi jalan dan cuaca.

Di kondisi seperti ini, sebuah mobil haruslah lengkap. Selain tampang oke, sebuah mobil sesungguhnya harus memiliki kenyamanan, performa dan kecanggihan baik di fitur entertainment atau di fitur keamanan dan keselamatan. Tapi sayang, hanya sedikit mobil yang mampu memenuhi semua faktor ini, salah satunya adalah All-New Ford EcoSport.

Dilihat dari tampang luarnya, All-New Ford EcoSport terasa sangat maskulin namun tetap stylish. Melibas jalan dengan kondisi buruk tidaklah masalah baginya. Tapi, tetap bisa tampil keren saat berjalan di perkotaan.

Desain eksteriornya gagah khas sebuah SUV dengan ground clearance tinggi (200mm), water wadding 550mm dan grille trapezoid berukuran besar yang menyiratkan aura kekar. Kemampuan mesin 1.5 liternya juga sangat bisa diandalkan.

Nah, ketika berangkat dari Semarang menuju Solo, panas terik khas Semarang seakan mengucapkan selamat jalan pada kami. Bila SUV lain akan membuat Anda terasa risih karena tingkat kenyamanan kurang oke, hal itu tidak akan terjadi ketika Anda memasuki kabin All-New Ford EcoSport.

Selain memanjakan dengan kelapangan dan desain modern, Electronic Automatic Temperature Control (EATC) memungkinkan penyesuaian suhu kabin secara otomatis sesuai dengan yang diinginkan, membuat Anda tetap merasa nyaman, tidak peduli seberapa panas dan dinginnya suhu di luar.

Ketika memasuki jalan tol, langit mulai muram dan gelap menyelubungi. Tak lama kemudian, gerimis turun. Dan ternyata, ini menjadi momentum All-New Ford EcoSport untuk memamerkan diri kepada kami.

Sebab, tiba-tiba saja wiper bergerak sendiri untuk menyingkirkan air di kaca depan. Ini adalah fitur rain sensing wiper. Lampu mobil juga tiba-tiba menyala otomatis dengan teknologi auto headlamp di cuaca yang gelap karena hujan.

Tak berapa lama kemudian hujan sangat deras menerpa. Jarak pandang hanya 20 meter saja.

Lagi-lagi, kami 'tidak sadar' kalau All-New Ford EcoSport itu adalah sebuah SUV. Karena meski gagah di luar, kabin mobil ini begitu nyaman dan 'otaknya' juga pintar.

Di tengah siraman hujan yang membuat jalanan licin, ESP alias Electronic Stability Program segera membantu kami. Fitur ini membuat mobil menjadi sangat terkendali dan 'santun' dalam berbagai situasi. Stabilitas pun bisa dijaga.

Lepas dari jalan tol, hujan mereda. Tapi kami disambut oleh rute sangat bervariasi. Mulus, bergelombang dan rusak terbentang panjang menuju Solo, kampung presiden kita, Joko Widodo.

Nah di sini, ground clearance tinggi sangat membantu. Segala medan tadi bisa kami lalui dengan mudah tanpa mengorbankan kenyamanan kabin. 

Oiya, All-New Ford EcoSport pun sanggup melibas genangan air hingga setinggi 550 mm.

Saat melibas jalan yang kondisinya kurang baik, penulis yang membawa serta seorang penulis dari OtoSL masih bisa mengobrol santai dan bercanda seolah sedang berjalan di jalanan mulus. Suspensi All-New Ford EcoSport menunjukkan taji dan kemampuannya meredam guncangan dengan sangat baik.

Berbagai perpaduan ini membuat kami bisa sampai Solo tanpa kelelahan yang berarti. Kota Solo pun seolah menyambut dan berkata: "Selamat datang All-New Ford EcoSport". [M123]

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang