All-New EcoSport Java Adventure: Lumat Medan Horor

Review

All-New EcoSport Java Adventure: Lumat Medan Horor

KUNINGAN - Ketika berkendara jarak jauh berbagai cerita unik bisa saja terjadi dan ditemui. Mobil yang mampu menghadapi berbagai situasi pun diperlukan. 

All-New Ford EcoSport adalah jawabannya.

Dalam kegiatan All-New EcoSport Java Adventure, ketika kami bercengkrama dengan Urban SUV milik Ford ini dari benteng Van der Wijck di Kebumen, menuju Museum Linggarjati di Kuningan,  ada cerita unik terjadi.

Sesaat ketika sampai di benteng Van der Wijck, sebuah benteng pertahanan Hindia-Belanda yang dibangun pada abad ke-18 hujan turun yang menyebabkan kami harus menunggu. 

Jadwal kami ke Kuningan, untuk melihat Museum tempat perjanjian Linggarjati yang mengukuhkan pengakuan Belanda atas Indonesia dengan wilayah Republik Indonesia hanya di pulau Jawa, Madura dan Sumatera, pun terpaksa harus ngaret.

Akhirnya, di tengah jalan pun kami memutuskan untuk menggunakan jalur alternative. Hari sudah malam dan kabut turun ketika itu. 

Jalur sempit berkelok menjadi santapan. Mengejar waktu, kami pun melajukan All-New EcoSport dengan kecepatan agak tinggi di jalur ini.

Permintaan kami itu dijawab oleh All-New EcoSport itu dengan tingkat kestabilan tinggi. Melibas tikungan dengan kecepatan sedang mampu dilakukannya dengan baik berkat perangkat Electronic Stability Control. Pun ketika harus mengerem mendadak, fitur Anti-Lock Braking System membuat keselamatan semakin tergaransi.

Kepercayaan diri pun meningkat. Tapi kepercayaan diri itu perlahan memupus ketika berada di tengah hutan dekat daerah Cibingbin. Suasana horor membuncah.

Suasana sepi tanpa adanya penerangan lampu mungkin kami anggap biasa. Yang menjadi horor perjalanan adalah jalur rusak sepanjang sekitar 10 km di tengah hutan itu.

Di tengah kondisi jalan berkelok dengan kontur naik-turun, kondisi aspal bukan lagi dikatakan rusak. Tapi hancur.

Kecepatan pun berkurang menjadi hanya 10 km/jam dan All-New EcoSport kami paksa membuktikan dirinya. Tiap centimeter jalan tidak ada yang mulus. Di banyak sekali titik, lubang jalan sangat besar dan dalam dengan batu berserakan tersaji.

Ketakutan kami di situasi ini adalah mobil terjebak dan bumper rusak. Tapi ternyata, Ford mampu membuktikan ground clearance All-New EcoSport  setinggi 200 mm akan sangat membantu menghadapi situasi ini.

Selain itu, performa mesin 1.5 liter dengan 4 silinder Ti-VCT pun oke punya. Di saat harus menanjak di tengah situasi jalan yang hancur, torsi 142 Nm yang dikandung mesin ini mendorong mobil naik.

Dan meski harus berjalan pelan, All-New Ford EcoSport mampu melibasnya. 

Seorang teman yang ikut dalam perjalanan sampai berujar, "Untung kita pakai All-New EcoSport. Coba pakai mobil lain. Bisa tidur di hutan nih kita." [M123]

www.mobil123.com/ford



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support