All-New EcoSport Java Adventure: Jelajahi Yogyakarta

Berita Otomotif

All-New EcoSport Java Adventure: Jelajahi Yogyakarta

Ketika melakukan perjalanan ke kota lain, ada baiknya Anda mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Mumpung kami sedang mengendarai mobil keren All-New Ford EcoSport, kami pun mencoba mencoba mengunjungi berbagai tempat bersejarah.

Kami mendatangi dua benteng yang berada di tengah pulau Jawa yakni Benteng Vredeburg di Jogjakarta dan Benteng Van Der Wijck di Kebumen.
 
Setelah mengunjungi Keraton Jogjakarta, tanpa beristirahat kami langsung mengarahkan All-New Ford EcoSport ke arah Kebumen. Benteng Vredeburg yang merupakan sebuah benteng yang terletak di depan Gedung Agung dan istana Kesultanan Yogyakarta kami tinggalkan.
 
Oya, bagi yang belum tahu, benteng ini dibangun sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan residen Belanda dan dibangun mulai 1760. Status tanah merupakan milik kasultanan. Tetapi dalam penggunaannya dihibahkan kepada Belanda.
 
Menjelajahi kota Jogjakarta, all-new EcoSport tampil menonjol. Desain eksterior yang gagah membuatnya mencolok di tengah keramaian jalan Daerah Istimewa ini.
 
Menjelajahi Jogjakarta sambil membuka sunroof untuk menikmati hembusan angin terasa sangat menyenangkan. 
 
Ketika keluar Jogja, fitur entertaiment Ford SYNCTM sangat membantu. Hanya perlu menggunakan perintah suara untuk memilih lagu. Di bagian kiri roda kemudi disematkan juga tombol untuk mengontrol audio yang membuat kegiatan mengemudi di all-new EcoSport tetap aman karena konsentrasi pengemudi tetap berada di jalan.
 
Performa mesin 1.5 liter dengan 4-silinder Ti-VCT yang dipadu dengan transmisi otomatis PowerShift 6-speed dengan SelectShift juga sangat membantu menarik mobil ini melaju. Ditambah berbagai fitur keselamatan seperti ABS (Anti-lock Braking System) dan ESC (Electronic Stability Control), kepercayaan diri mengembang meski jalur yang kami temui lumayan menantang. Dari jalur lurus nan mulus hingga jalur bergelombang penuh kelokan mampu ditaklukkan.
 
Tapi jangan pikir mobil ini hanya jagoan di jalanan aspal saja. Sebab all-new EcoSport juga sudah memiliki ground clearance setinggi 200 mm dan mampu melintasi genangan air (water wadding) hingga 550 mm. Jadi, ini tetap merupakan sebuah SUV tulen.
 
Tak terasa 100 km perjalanan telah kami lalui dan sampailah kami di bangunan pertahanan Hindia-Belanda, Benteng Van Der Wijck. Ini adalah benteng yang dibangun pada abad ke-18. 
 
Benteng ini terletak di 4 km utara Gombong, sekitar 35 km sebelah barat dari Ibukota kabupaten Kebumen, 18 km Barat Kota Karanganyar, atau 100 km dari Candi Borobudur, Magelang.
 
Nama benteng ini diambil dari Van Der Wijck, yang kemungkinan nama komandan pada saat itu. Nama benteng ini terpampang pada pintu sebelah kanan.
 
Benteng ini kadang dihubungkan dengan nama Frans David Cochius (1787-1876), seorang Jenderal yang bertugas di daerah barat Bagelen, namanya juga diabadikan menjadi nama Benteng Generaal Cochius. Dan sebagai catatan, benteng ini merupakan benteng persegi delapan satu-satunya di Indonesia.
 
Dari dua benteng tersebut kami langsung teringat dengan all-new EcoSport yang kokoh dan tangguh. [M123]

 

Temukan Mobil Baru dan Mobil Bekas di sini

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support