Aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi Tetap Bertahan Meski Ghosn di Bui

Berita Otomotif

Aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi Tetap Bertahan Meski Ghosn di Bui

TOKYO – Nissan, Renault dan Mitsubishi menegaskan bahwa mereka akan terus berkomitmen untuk melanjutkan aliansi meski sedang diterpa masalah.

Carlos Ghosn, Chairman Aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi tengah menjalani penahahan oleh Pemerintah Jepang. Penahanan ini karena Ia diduga telah mengurangi pendapatannya dalam laporan keuangan yang dilaporkan.

Meski demikian Dewan Direksi Groupe Renault, Nissan Motor Co., Ltd. dan Mitsubishi Motors Corporation menegaskan bahwa hal tersebut tidak akan menghentikan Aliansi. Mereka tetap akan menjalankan aliansi meski tidak ada Carlos Ghosn.

“Selama beberapa hari terakhir ini, Dewan Direksi Groupe Renault, Nissan Motor Co., Ltd. dan Mitsubishi Motors Corporation menegaskan bahwa akan tetap berkomitmen kuat terhadap Aliansi. Aliansi telah mencapai sukses yang tidak tertandingi dalam dua dekade terakhir. Kami tetap berkomotmen penuh pada Aliansi,” ungkap pernyataan Aliansi yang disampaikan dalam siaran pers resmi.

Carlos Ghosn, pembentuk aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi dituduh melakukan pemalsuan laporan pendapatan kepada Bursa Saham Tokyo selama beberapa tahun terakhir. Ia diduga mereduksi angka pendapatannya selama lima tahun, dari total 10 miliar yen (1,29 triliun) menjadi hanya setengahnya. Dia juga diduga menyalahgunakan aset Nissan Motor Corporation (NMC) untuk kepentingan pribadi.

Tuduhan tersebut membuatnya harus mendekam di penjara hingga membuatnya dipecat dari Nissan dan Mitsubishi. Sementara itu Renault masih belum akan memecatnya walau Pemerintah Perancis berharap Ghosn dipecat dari perusahaan tersebut.

Pengadilan Distrik Tokyo (Tokyo District Court) telah memutuskan bahwa Ghosn akan ditahan selama 10 hari, terhitung mulai hari penangkapannya pada Senin (19/11/2018). Belum diketahui mengenai kemungkinan perpanjangan masa penahanannya jika kasus yang menimpanya menjadi berlarut-larut. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar