Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Alasan All New Ayla Tak Ikutan Agya Terbaru ‘Menantang’ Brio RS

Berita Otomotif

Alasan All New Ayla Tak Ikutan Agya Terbaru ‘Menantang’ Brio RS

JAKARTA – All New Daihatsu Ayla masih bakal fokus menggarap segmen low cost green (LCGC), tak seperti ‘kakaknya’ All New Toyota Agya yang sudah mulai 'menyenggol' Honda Brio RS di segmen city car.

All New Ayla diperkenalkan di Indonesia pada Rabu (15/2/2023), selang dua hari setelah All New Agya tampil perdana.

Keduanya sama-sama belum meluncur dan dijual.

Marketing and Corporate Planning Director PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani, dalam konferensi pers di Jakarta, memastikan All New Ayla nantinya 100 persen tetap di segmen LCGC.

Model ini tak akan mengikuti ‘jejak’ All New Agya yang mengeluarkan varian GR Sport dari segmen yang mendapat insentif pemerintah tapi dengan pembatasan harga itu.

All New Agya GR Sport pun nantinya bertarung dengan Brio RS di segmen city car non-LCGC.

Honda Brio RS

“Untuk All New Astra Daihatsu Ayla, kami akan bermainnya di LCGC,” tukas Agung merespons Mobil123.com dalam sesi tanya-jawab dalam acara.

Menurutnya, Daihatsu berkomitmen untuk mengisi segmen konsumen first car buyer (pembeli mobil pertama) pasar otomotif di Tanah Air, antara lain lewat All New Ayla.

Soalnya, komposisi first car buyer di model city car itu ada di kisaran 70 persen. Bahkan, sebelum pandemi Covid-19 masuk (2019 dan sebelumnya—Red), komposisinya mencapai 80 persen.

Indonesia saat ini juga sedang mengalami bonus demografi. Usia produktif sekarang mencapai 70 persen dari total populasi di Tanah Air.

Di sisi lain, motorisasi di negeri ini masih rendah.

“Motorisasi di Indonesia itu baru 10 persen. Kurang-lebih 99 orang atau katakanlah 100 orang per 1.000 penduduk (yang punya mobil—Red). Malaysia itu sudah kisaran 50 persen. Sekitar 500 orang per 1.000 penduduk. Di Thailand itu sekitar 30 persen-an,” papar Agung.

“Artinya, kalau kita berbicara pembeli potensial di Indonesia dengan status first car buyer itu sangat besar. Itu adalah pasar yang kami layani,” lanjut dia.

All New Daihatsu Ayla

Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, ketika diwawancarai usai acara, menerangkan kalau porsi first car buyer All New Ayla tepatnya adalah 75 persen.

Ketika All New Ayla nantinya masuk pasar, komposisi first car buyer itu diproyeksikan tidak akan berubah.

All New Ayla sendiri dibekali mesin baru 1.0-liter VVT-I dan 1.2-liter Dual-VVT-i. Transmisinya pun baru, dengan girboks otomatis yang mengusung teknologi D-CVT.

Platform maupun suspensinya juga anyar.

Adapun fitur-fitur All New Ayla yang sudah dibeberkan adalah Dual SRS Airbag, Safety Seat Belt Reminder for Driver and Passanger, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, Key Free System, Push Start/Stop Engine. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang