Akibat Ngebut Saat Hujan, Avanza Ini Tabrak Truk dan Hancur Parah

Berita Otomotif

Akibat Ngebut Saat Hujan, Avanza Ini Tabrak Truk dan Hancur Parah

JAKARTA – Sebuah insiden nahas yang dapat menjadi pelajaran bagi kita semua terjadi, baru – baru ini. Akibat melaju pada kecepatan tinggi saat hujan, sebuah Toyota Avanza kehilangan kendali dan menabrak truk hingga hancur parah, pengemudinya meninggal.

Kecelakaan tersebut, seperti dilaporkan situs NTMC Polri, terjadi pada Rabu (25/11/2020). Avanza bernomor polisi AE 1626 E yang dikemudikan MIftah Sobri melaju kencang dari arah timur menuju Madiun di jalur Tol Nganjuk – Madiun.

“Padahal saat itu cuaca sedang hujan,” terang Kanitlaka Satlantas Polres Nganjuk Ipda Sugino.

Multi purpose vehicle (MPV) berwarna putih ini kemudian mengarah terlalu ke kiri. Ini diduga karena Miftah tak bisa mengendalikan laju kendaraan.

Keadaan jalan yang masih hujan kemungkinan juga membuat jarak pandangan Miftah berkurang. Apalagi kondisi jalan licin dan mobil melaju kencang.

Akhirnya, Avanza yang ia kemudikan menabrak truk bernomor polisi P 9068 GC yang dikendarai Ervan Sugiono di KM 640,400/B, tepatnya di wilayan Kecamatan Rejoso. Menurut saksi mata kepada petugas, Miftah sempat mencoba mengerem dan membanting setir.

Akan tetapi, karena jarak yang sudah terlampau dekat. Mobil Miftah tetap menubruk bagian belakang truk dengan keras.


Akibat tubrukan kencang tersebut, Avanza yang dikemudikan oleh warga Dusun Peundey, Desa Girilaya, Kecamatan Panawangan, Ciamis, Jawa Barat ini langsung ringsek. Bahkan, mobil sudah tidak berbentuk lagi. Separuh mesin mobil diketahui rusak.

Avanza itu kini ditaruh di Satlantas Polres Nganjuk untuk barang bukti. Demikian pula truk yang ditabrak.

“Evakuasi sempat memakan waktu lama. Ini untuk pengaturan lalu lintas juga di dalam tol bersama PJR,” imbuh Sugino.

Setelah evakuasi berhasil, Miftah langsung dibawa ke RSUD Nganjuk. Dia mengalami luka berat di kepala dan dinyatakan oleh rumah sakit sudah meninggal sejak di lokasi kejadian.

Saat hujan, jalanan licin sehingga ada potensi mobil tergelincir akibat aquaplaning. Jarak pandang pengemudi juga berkurang akibat terhalang oleh curah hujan.

Kejadian tersebut bisa menjadi peringatan bagi kita semua agar selalu waspada dan hati – hati ketika berkendara di musim hujan. Berikut ini adalah tujuh hal yang harus dihindari ketika mengemudi saat hujan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar