Akankah Hasil Uji Tabrak Mitsubishi Xpander Lebih Baik dari Avanza dan Mobilio?

Panduan Pembeli

Akankah Hasil Uji Tabrak Mitsubishi Xpander Lebih Baik dari Avanza dan Mobilio?

JAKARTA - Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza telah terbukti tingkat keselamatannya menurut ASEAN NCAP dan Global NCAP.  Lalu bagaimana dengan Mitsubishi Xpander? akankah lebih baik dari kompetitor di kelasnya?.

Global dan ASEAN NCAP telah menjadi salah satu lembaga terpecaya dengan tingkat akurasi tinggi, sehingga mobil-mobil baru yang beredar di berbagai negara tersebut aman untuk digunakan. Pada proses pengujian, mobil-mobil tersebut akan melakukan simulasi tabrakan pada sisi depan, samping dan belakang.

Kali ini kita akan membahas mengenai hasil uji tabrak low MPV yang beredar di Indonesia. Uji tabrak tersebut telah dilakukan pada varian tertinggi setiap model yang dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan.

Mobil pertama yakni Honda Mobilio yang telah melakukan uji tabrak Global NCAP pada 2016. Mobilio dilengkapi dengan 2 airbag ini berhasil mendapatkan 3 bintang di kategori Adult Occupant Protection (AOP) dan bintang 2 Child Occupant Protection (COP).

Honda Mobilio sendiri telah menggunakan struktur rangka G-CON guna meredam dan menyalurkan energi benturan sehingga pengemudi dan penumpang tidak langsung terkena dampak dari kecelakaan. Selain itu low MPV Honda ini juga telah dilengkapi dengan ABS, EBD, dual SRS Airbag, Pretensioner dengan Load Limiter Seatbelt dan jok ISOFIX.

Mobil kedua yakni Suzuki Ertiga dan telah melakukan uji tabrak ASEAN NCAP pada 2016. Varian Ertiga yang dilengkapi dengan 2 airbag tersebut mampu mendapatkan 4 bintang pada kategori AOP dan 2 bintang atau 33 persen pada kategori COP.

MPV andalan Suzuki tersebut telah dilengkapi dengan ABS, EBD, dual SRS Airbag, Side Impact Beam dan Child Proof Rear Door Locks. Dengan adanya beragam fitur keselamatan tersebut, wajar apabila Ertiga layak mendapatkan nilai yang baik menurut ASEAN NCAP.

ASEAN NCAP juga telah melakukan pengujian serupa pada Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza di 2014. Kedua low MPV tersebut telah dilengkapi dengan 2 airbag dan berhasil mendapatkan 4 bintang AOP serta 2 bintang COP.

Xenia telah menggunakan rangka berteknologi TAF (Total Advan Function) dan dual SRS Aribag. Sedangkan Avanza telah dilengkapi dengan 3-point seatbelt dengan Pretensioner dan Force Limiter, jok ISOFIX dan dual SRS Airbag.

Berdasarkan data-data tersebut, low MPV yang telah populer di Indonesia telah teruji kualitas fitur keselamatannya. Bagaimana dengan Mitisubishi Xpander? Pihak Mitsubishi telah menyatakan bahwa low MPV andalannya ini telah lulus ASEAN NCAP.

Namun, Mitsubishi Indonesia belum mengumumkan berapa perolehan Xpander ketika melakukan uji tabrak tersebut. Dengan beragam fitur keselamatan modern, akankah Xpander memiliki hasil penilaian lebih baik jika dibandingkan dengan kompetitornya?.

Berikut cuplikan video crash test Mitsubishi Xpander meski belum resmi diumumkan.

[Amo/Ari]

BACA JUGA: Small MPV Mitsubishi Kantungi Standar Keselamatan ASEAN NCAP



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif

Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual