Akankah All-New Toyota Fortuner Mengguncang GIIAS 2015?

Berita Otomotif

Akankah All-New Toyota Fortuner Mengguncang GIIAS 2015?

JAKARTA - All-new Toyota Fortuner memang telah dikenalkan di Thailand beberapa pekan lalu. Menjelang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, isu all-new Fortuner akan ditampilkan menyeruak.

"Kami tidak akan display di GIIAS (2015)," kata Suparno Djasmin, wakil presiden direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) di Jakarta, Kamis (7/8/2015).

Demikian dikatakan Abong, sapaan akrab Suparno Djasmin saat dihujani pertanyaan mengenai kemungkinan all-new Toyota Fortuner membuka selubungnya di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

Padahal GIIAS tahun ini diharapkan menjadi lokasi peluncuran all-new Toyota Fortuner setelah SUV pesaing Mitsubishi Pajero Sport, dan Ford Everest ini diluncurkan di Bangkok, Thailand pada pertengahan bulan lalu.

TAM masih menutup informasi mengenai model terbaru Toyota Fortuner untuk konsumennya di Indonesia. Tidak ada satu pun petinggi Toyota yang berani mengungkap kapan waktu peluncuran mobil berprofil tubuh tinggi itu di Tanah Air.

"Nanti kita tunggu saja tanggal mainnya," papar Rahmat Samulo, direktur marketing PT TAM.

Di Thailand, all-new Fortuner 2016 tersedia 7 warna pilihan yakni Phantom Brown, Nebula Blue, White Pearl, Gray Metallic, Attitude Black, Silver Metallic, dan Super White. Desain eksteriornya sama persis dengan spyshot beberapa minggu belakangan ini, masih menggunakan LED daytime, dan buritan yang mendapat lampu belakang tipis. (baca: All-New Toyota Fortuner 2016 (Galeri Foto))

Interiornya juga direvisi. Bisa terlihat di dashboard tersemat automatic climate control, layar sentuh 7", serta kamera mundur. Untuk kepraktisan, kursi dapat diatur dalam beberapa konfigurasi dan kursi baris kedua bisa jatuh ke depan (One Touch) sedangkan kursi baris ketiga dapat dilipat.

SUV tangguh ini sudah menggunakan mesin baru kode 1GD kapasitas 2.4-liter turbodiesel bertenaga 150 hp dan torsi 400 Nm, serta mesin 2.8-liter turbodiesel yang menyemburkan tenaga 177 dan torsi 450 Nm seperti diberitakan rekan kami Carlist.my.

Toyota juga menyediakan mesin bensin 2.7-liter bertenaga 166 hp dengan torsi sebesar 245 Nm. Mesin dipasangkan dengan transmisi manual 6-speed dan transmisi otomatis.

Untuk varian four-wheel drive, sistem ini disebut sebagai Σ4 (Sigma Empat), di mana pengendara akan sangat mudah memilih penggerak roda 2WD dan 4WD. Tersedia mode pengaturan H2, H4, dan L4.

Mobil semakin tangguh dengan fitur A-TRC (Active Traction Control) yang mampu mengatur pengereman dan daya ke roda agar traksi lebih maksimal. Fitur lainnya yakni  DAC (Down Hill Assist Control) system yang memantapkan gerak all-new Fortuner di medan berbukit dan berpasir.

Fitur standar yang memperkuat penampilan SUV ini adalah 7 airbag, traction control system, vehicle stability control, TSC, ABS dengan brake assists dan electronic brake distribution untuk naik dan turun bukit yang membantu kinerja A-TRC. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support