Akan Dirakit & Dijual di Indonesia, Hyundai Creta bakal Semurah di India?

Berita Otomotif

Akan Dirakit & Dijual di Indonesia, Hyundai Creta bakal Semurah di India?

JAKARTA – Hyundai Creta dipastikan hadir di Indonesia pada masa depan. SUV yang di India berada di segmen harga murah ini juga akan diproduksi secara lokal.

Hyundai, melalui keterangan resmi pada Kamis (21/10/2021), mengumumkan Creta bakal menjadi model pertama yang mereka rakit di pabrik anyar Cikarang, Bekasi. Sayang, waktu peluncuran detailnya di Indonesia belum mereka beberkan.

Merek asal Korea Selatan ini pun merilis sketsa-sketsa Creta. Ada tiga bagian yang Hyundai perlihatkan dalam gambar-gambar tersebut yakni tampilan depan-samping, tampilan samping belakang, serta tampilan dasbor.

Presiden Direktur PT. Hyundai Motors Indonesia SungJong Ha menyebut Creta sebagai produk dengan ciri khas Hyundai yang penuh inovasi. Model ini juga didesain khusus demi memenuhi kebutuhan maupun gaya hidup modern masyarakat Indonesia.

“Kami sangat senang bahwa produk ini dapat dibangun berdasarkan berbagai masukan yang kami terima dari masyarakat luas. Untuk itu, kami berharap Creta yang akan kami luncurkan di masa mendatang ini dapat menjadi kebanggan bagi Hyundai, khususnya pelanggan tercinta kami di Tanah Air,” pungkasnya.

Hyundai Creta di India 2021

Creta sendiri sudah dijual terlebih dahulu di pasar India. Kendati begitu, tampilan model yang eksis di pasar India dengan sketsa model untuk pasar Indonesia tampak cukup berbeda.

Menurut Autocar India, sketsa yang juga beredar di sana tersebut merupakan versi faceliftnya kelak.

Adapun harga Creta di ‘Negeri Hindustan’, menurut penelusuran dari berbagai situs lokal, saat ini dimulai dari 10,16 lakh (Rp190 jutaan).

Kapasitas penumpangnya untuk model yang ada sekarang adalah lima penumpang. Tapi, tipe tujuh penumpangnya dilaporkan akan hadir.

Jika Creta untuk pasar Indonesia ialah yang tipe tujuh penumpang serta berbanderol Rp200 jutaan, model tersebut tentu bakal 'bertempur' dengan para pemain di segmen low SUV (LSUV) semisal Toyota Rush, Daihatsu Terios, Suzuki XL7, Mitsubishi Xpander Cross, maupun All New BR-V.

Sketsa Hyundai Creta

Fascia depan Creta, seperti terlihat di dalam sketsa, menunjukkan adanya Parametric Jewel Grille serta Parametric Jewel Hidden DRL. Ini sejalan dengan konsep desain eksterior ‘Parametric Dynamics’.

sketsa Hyundai Creta untuk pasar Indonesia

Gril tampak terintegrasi dengan lampu depan secara penuh.

Pada buritan, Creta dihiasi Boomerang-type rear light dan High Mounted Stop Lamp (HMSL) yang terkesan futuristik.

Desain kaca depannya memberikan kesan keterbukaan dan pusat gravitasi bodi relatif rendah, sehingga mobil terlihat lebar dan stabil.

Dari sisi interior, ada susunan dasbor horizontal memanjang ke arah pintu yang membentuk lekukan sayap. Tampak pula layar AVT 8 inci pada bagian tengah.

sketsa Hyundai Creta untuk pasar Indonesia

Lalu, terdapat D-cut steering wheel berkesan maupun ventilasi vertical terintegrasi dengan defogger.

Pada kabinnya, bisa ditemukan pula grille speaker bermotif tiga dimensi, tuas transmisi berbalut silver bezel, pencahayaan pada konsol tengah, trim samping bernuansa perak.

Apakah Creta akan Hyundai bawa ke Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021? Kita tunggu saja. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar