Airbag Bunuh Anak 8 Tahun di Malaysia

Berita Otomotif

Airbag Bunuh Anak 8 Tahun di Malaysia

KUALA LUMPUR - Jangan tempatkan anak di kursi depan ketika berkendara. Bila tidak, nyawa menjadi taruhannya. Baru-baru ini seorang anak tewas ketika airbag berkembang tiba-tiba dan memukulnya.

Seorang gadis berusia delapan tahun tewas ketika airbag penumpang depan di kendaraan yang dia tumpangi tiba-tiba mengembang. Anak itu duduk di kursi depan tanpa menggunakan sabuk pengaman.

Ketika airbag terkembang, sang anak sampai terlempar ke belakang. Menurut Carlist, dari foto yang diambil oleh Berita Harian, terlihat sebuah mobil yang mirip Hyundai Matrix.

Kejadian bermula ketika korban berkendara bersama kakaknya. Sang kakak melibas 'polisi tidur' dan tiba-tiba airbag terkembang. Sang anak saat itu tengah menyandarkan kepalanya ke dashboard.

Tak anyal, saat airbag terkembang, sang anak terpulul dan terlempar. Dia kemudian dinyatakan meninggal di rumah sakit.

Kenapa airbag tiba-tiba mengembang meski mobil tidak terlibat dalam kecelakaan? Sebenarnya, situasi ini memang jarang terjadi tetapi tidak sepenuhnya mustahil. 

Sebab selain tabrakan dari depan atau samping, hantaman di bagian bawah mobil juga bisa membuat airbag mobil terkembang.

Karena itu, untuk para orangtua, jangan menempatkan anak di kursi depan. Anak harus selalu ditempatkan di belakang dan bila perlu, gunakan kursi khusus anak atau child seat.

Jika child seat harus ditempatkan di kursi depan, pastikan airbag penumpang depan dinonaktifkan. Di beberapa model mobil, hal ini dimungkinkan tapi di banyak mobil hal itu tidak bisa dilakukan.

Kesadaran akan keselamatan anak harus diperhatikan. Sebagai catatan, rata-rata airbag mengembang dengan kecepatan sampai 320 km/jam. Kecepatan ini cukup kuat untuk memecahkan kaca depan kendaraan. 

Karenanya, airbag tidak bisa dianggap enteng. Airbag dapat menyelamatkan nyawa, tapi hanya jika digunakan dengan benar.

Jangan pula menempatkan benda-benda di dashboard. Sebab bila terjadi kecelakaan, semua benda-benda ini akan terbang dan seolah menjadi proyektil mematikan. [Syu/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

Tag Terkait


Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual