Airbag Bermasalah, Honda dan Takata Kena Gugat

Berita Otomotif

Airbag Bermasalah, Honda dan Takata Kena Gugat

FLORIDA - Masalah yang meliputi produsen kantung udara (airbag) Takata ternyata belum selesai. Setelah harus menarik belasan juta mobil dari berbagai merek yang menggunakan airbag mereka, kini Takata tengah dituntut atas sebuah kecelakaan mobil. Bersama Takata, Honda juga kena tuntut.

Airbag Takata sendiri digunakan di banyak mobil dari berbagai merek. Selain Honda, ada pula Toyota, Mazda, Fiat, Chrysler dan berbagai brand terkenal lainnya.

Masalah timbul karena di duga ada cacat di inflators airbag Takata yang dibuat antara tahun 2000-2007 yang menyebabkan airbag bisa mengembang tiba-tiba saat tak terjadi kecelakaan atau malah tidak mengembang ketika terjadi kecelakaan.

Total ada lebih dari 16 juta mobil yang ditarik karena cacat di airbag Takata itu dan yang terbaru, ada dua kecelakaan yang berujung pada tuntutan hukum untuk Honda dan Takata di Florida, Amerika Serikat.

Menurut gugatan, seorang pengendara bernama Corey Burdick (26) sedang mengendarai Honda Civic model tahun 2001 pada 29 Mei lalu ketika dia terlibat kecelakaan dengan kendaraan lain.

Laporan kecelakaan terkait cedera mata yang di derita Burdick, seperti dilaporkan Reuters, menyebutkan kalau hal itu mungkin terjadi karena penyebaran airbag yang menyebabkan pecahan logam merobek kantung udara untuk kemudian mengenai mata Burdick hingga membuatnya cacat.

Sementara kecelakaan kedua melibatkan Stephanie Erdman (28) di Texas saat dia mengemudikan Honda  Civic mmodel tahun 2002 dan mengalami kecelakaan pada 1 September 2013.

Pada kecelakaan ini, mata kanan Erdman juga terkena pecahan logam yang 'bagai peluru.' Erdman menuntut uang kompensasi hingga US$ 1 juta atau sekitar Rp 12 miliar.[Syu/Idr]



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual