Aduh, Saat PPKM Darurat di Jakarta Malah Ada Balap Liar Mobil Mewah

Berita Otomotif

Aduh, Saat PPKM Darurat di Jakarta Malah Ada Balap Liar Mobil Mewah

JAKARTA – Aksi balap liar yang diikuti mobil-mobil mewah malah terjadi pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jakarta.

Polisi lalu lintas, seperti dilaporkan situs NTMC Polri, melakukan razia balap liar di sekitar Jl. Gerbang Pemuda, Senayan, Jakarta Pusat pada akhir pekan lalu. Padahal, sejak 3-20 Juli 2021, pemerintah memberlakukan PPKM Darurat di Pulau Jawa-Bali dan area Ibu Kota termasuk di dalamnya.

PPKM Darurat sendiri digelar sebagai respons dari munculnya gelombang kedua Covid-19 sejak Mei 2021 yang makin lama makin mengkhawatirkan.

Lebih lanjut, aksi balap liar yang berlangsung Sabtu (10/7/2021) pukul 03.50 WIB itu diikuti oleh mobil-mobil mewah. Video razia balap liar tersebut diunggah di akun Instagram resmi TMC Polda Metro Jaya, kemudian viral di jagat internet Indonesia.

Di antara merek-merek mobil premium yang terlihat dalam video adalah BMW serta Mercedes-Benz. Menurut Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo, para pengendara mobil ‘sultan’ yang mengikuti balapan liar di masa PPKM Darurat ini akhirnya dikenakan sanksi pelanggaran lalu lintas.

logo mobil mewah BMW dan Mercedes-Benz

Tak hanya itu, ada pula mobil-mobil yang langsung diamankan oleh aparat yang bertugas.

“Tujuh kendaraan ditilang dan dua kendaraan diamankan,” kata Sambodo.

Pengetatan mobilitas selama PPKM Darurat sendiri antara lain berupa penyekatan di berbagai ruas jalan Jakarta. Jumlahnya bahkan terus ditambah dari 63, 72, dan terakhir adalah 75 titik.

Tiga titik terakhir yang akhirnya dipalang oleh polisi adalah Simpang Fatmawati arah Jl. Fatmawati Raya, Jl. Antasari, plus di sekitar Cijantung.

polisi razia balap liar mobil mewah saat PPKM Darurat Jakarta

Ruas-ruas tol juga mengalami penyekatan. Malahan, titik-titiknya tak hanya berada di wilayah Tol Dalam Kota tapi sampai ke Tol Padaleunyi, Tol Jagowari, serta Tol Trans Jawa.

Secara total, hingga detik ini, terdapat 35 titik penyekatan di ruas-ruas tol Jasa Marga di Jakarta hingga Trans Jawa.

Selama PPKM Darurat, aktivitas kerja untuk sektor nonesensial harus dilakukan 100 persen di rumah. Lalu, perjalanan ke luar kota wajib menunjukkan surat vaksin dan hasil tes swab antigen/PCR. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar