Mitsubishi Xpander Cross Bidik Toyota Rush dan Honda BR-V

Mobil Baru

Mitsubishi Xpander Cross Bidik Toyota Rush dan Honda BR-V

JAKARTA – Mitsubishi Xpander Cross hadir guna merayu atau bidik konsumen LSUV yang selama ini dikuasai beberapa model seperti Toyota Rush dan Honda BR-V.

Namun, meraih simpati dari konsumen dari kedua model tersebut terbilang tidak mudah karena masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Salah satunya adalah harga yang terbilang sangat sensitif untuk pasar Indonesia.

Mitsubishi Xpander Cross dijual dengan harga yang terbilang tinggi yaitu Rp 267,7 hingga Rp 286,7 juta.  Itu artinya, varian termurah dari Mitsubishi Xpander Cross pun tetap lebih mahal ketimbang Toyota TRD Sportivo yang merupakan varian tertinggi. Toyota TRD Sportivo dijual dengan harga Rp Rp 265.650.000. Sementara untuk varian terendah Toyota Rush dijual dengan harga Rp 244,250 juta.

Demikian pula bila dibandingkan dengan Honda BR-V, Mitsubishi Xpander Cross pun memiliki harga yang relatif lebih tinggi. Tercatat, Honda BR-V dibanderol dengan harga mulai dari Rp 243,8 juta hingga Rp 286,2 juta.

“Harga yang kami pasang sedikit lebih mahal, namun dengan segala sesuatu lebih baik dari kompetitornya. Ada banyak faktor seperti lebih baru, lebih macho, lebih tangguh, performa grafisnya juga sudah diperbaiki lebih baik lagi dengan high ground clearance," ungkap Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Tak hanya itu, Ia pun menambahkan bahwa Mitsubishi Xpander Cross memiliki suspensi yang sudah dibuat agar bisa menempuh medan berat. Mereka nilai penting karena Mitsubishi Xpander Cross diharapkan bisa memiliki daya jelajah yang lebih baik ketimbang versi MPV.

Mitsubishi Xpander Cross memang memiliki dimesin yang unggul dibandingkan kompetitornya. Mobil ini memilki panjang 4500 mm, tinggi 1750 mm, lebar 1800 mm dan wheelbase 2275 mm. Dimesi ini berada di atas Toyota Rush yang hanya memiliki panjang 4435, tinggi 1705, lebar 1695 dan wheelbase 2685 mm.

Tak hanya itu, Mitsubishi Cross juga terbilang unggul dari sisi dimesin dibandingkan Honda BR-V. Tercatat, LSUV andalan Honda ini hanya memiliki panjang 4453 mm, tinggi 1666 mm, lebar 1735 dan wheelbase 2662 mm.

Sementara untuk mesinnya, Xpander Cross masih mengandalkan 1.5-L MIVEC DOHC 16 Valve dengan kode 4A91. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 103 hp dan torsi mencapai 141 Nm. Angka tersebut masih kalah bila dibandingkan dengan Honda BR-V yang menggunakan mesin i-VTEC 1,5 liter DOHC 16 katup. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 118 hp dan torsi mencapai 145 Nm.

Namun, Mitsubishi Xpander Cross masih unggul tipis dibandingkan Toyota Rush yang dibekali oleh mesin 2NR-VE 4 Silinder dengan 16 katup DOHC Dual VVT-i. Mesin tersebut hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 102 hp dan torsi 136 Nm.

Pada bulan September 2019, Toyota Rush mendominasi penjualan LSUV dengan capaian 5.737 unit. Jumlah tersebut jauh lebih baik ketimbang Honda BR-V yang hanya meraih angka 199 unit. Mitsubishi Xpander Cross belum diluncurkan ketika itu.

Ini menunjukkan bahwa tidak ada LSUV yang mendominasi. Semua memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Sekarang, tinggal konsumen memilih hendak membeli yang mana. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support