Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Adu Crossover Rp270 Jutaan, Chery Tiggo 5X Champion Menang Banyak Dari Toyota Raize 1.0T G CVT?

Panduan Pembeli

Adu Crossover Rp270 Jutaan, Chery Tiggo 5X Champion Menang Banyak Dari Toyota Raize 1.0T G CVT?

Pengumuman harga resmi dari Chery Tiggo 5X membuat segmen crossover kian memanas. Bagaimana tidak, mobil tersebut sejatinya sekelas dengan Hyundai Creta tapi dijual dengan harga serupa Toyota Raize. Meskipun secara harga ekonomis, tapi Chery langsung jor-joran fitur pada Tiggo 5X demi memikat calon konsumen. 

Adapun harga resmi Chery Tiggo 5X On the Road Rp249 juta untuk varian Classic dan Rp279 juta untuk varian Champion. Lebih menarik lagi, khusus untuk 1.000 konsumen pertama, Chery memberikan harga spesial diskon Rp10 juta yaitu Rp239 juta untuk varian Classic dan Rp269 juta untuk varian Champion. 

Untuk mobil dengan kisaran harga serupa, ada Toyota Raize 1.0 G CVT yang dijual Rp273,2 juta untuk single tone dan Rp275,8 juta untuk dual tone. 

Sebagai pendatang baru, Chery Tiggo 5X hadir dengan beragam keunggulan agar bisa lebih kompetitif di segmen crossover. Hasilnya, Tiggo 5X dijual dengan harga sekelas Raize tapi memiliki kelengkapan yang sekelas Creta. 

Lantas seperti apa keunggulan firur dari Chery Tiggo 5X tipe Champion bila dibandingkan dengan Toyota Raize 1.0 G CVT? 

Berikut ini ulasan dari kedua model tersebut.

Chery Tiggo 5X, Gelontorkan Segala Fitur dan Spesifikasi Terkini

Chery Tiggo 5X hadir dengan desain modern melalui Lampu depan LED dengan fitur Daytime Running Lights (DRL), dengan grill ala diamond cut. Mobil ini tetap membawa aksen mobil China kekinian pada desain muka dan belakang yang khas. 

Melihat harga dari Tiggo 5X ini cukup kompetitif di segmen compact SUV. Dalam pembuatannya, Chery Tiggo 5X menggunakan rangka baja yang minim korosi namun tetap kokoh. 

Chery Tiggo 5X rangkanya begitu kokoh menggunakan lebih dari 78 persen baja berkekuatan tinggi. Struktur baja yang digunakan pada Tiggo 5X seperti jalinan bambu yang lentur dan kuat. 

Tiggo 5X memiliki dimensi panjang 4.318 mm, lebar 1.830 mm, 1.670 mm, wheelbase 2.610 mm dan ground clearance 180 mm. 

Interior dengan Fitur Melimpah 

Dari segi interior, Tiggo 5X memiliki ruang kabin yang luas di baris pertama dan kedua. Interiornya semakin mewah dengan layar head unit layar sentuh sebesar 10,25 inci fitur - konektivitas Bluetooth dan USB yang terhubung sistem audio berkualitas tinggi. Head unitnya mendukung Carplay Android dan 360°HD Panoramic Image. 

Untuk informasi berkendara dapat diakeses melalui MID 7 inci TFT cluster. Interiornya terkesan mewah dengan ambient light dan balutan kulit di panel-panel juga joknya. 

Fitur Keselamatan Canggih Lengkap dengan ADAS

Compact SUV ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih mencakup 7 fitur ADAS (Lane Departure, Blind Spot Detection, Rear Cross Traffic Alert, Adaptive Cruise Control, Front Collision Warning, Autonomous Emergency Braking, and Intelligent High-beam Control Headlamp). 

ADAS pada Chery TIGGO 5X sangat fungsional untuk mendukung produktivitas, baik di dalam kota dengan lalu lintas yang padat, maupun perjalanan luar kota dengan jenis jalanan yang lebih beragam. Fitur keselamatan lainnya berupa 6 Airbag yang berada di sisi depan dan samping, Electronic Stability Control, dan Child Safety Door Locks. Menariknya, Tiggo 5X telah dibekali rem cakram di semua roda dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System). 

Performa Mesin Cukup Bertenaga Tanpa Turbo 

Chery Tiggo 5X dibekali dengan mesin 1.500 cc VVT non turbo, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 112 hp/6.000 rpm dengan torsi maksimal 138 Nm/2.750 Nm. 

Mobil ini dibekali transmisi otomatis CVT dengan simulasi 7 percepatan. Sebagai gambaran, tenaganya masih di bawah Hyundai Creta tapi lebih oke dari Mitsubishi XForce. 

Toyota Raize 1.0 G CVT, Crossover Keren Minus ADAS

Toyota Raize dalam beberapa tahun terakhir sedang naik daun sebagai sebuah SUV untuk aktivitas perkotaan. Desainnya yang stylish, didukung oleh fitur-fitur keren di kelasnya membuat kendaraan ini sangat populer di kalangan keluarga muda.

Buat kalian yang ingin mencoba sensasi mengendarai compact SUV dengan tenaga turbo, All New Raize varian 1.0T G CVT wajib ada di daftar incaran mobil baru.

Toyota Raize ditawarkan dalam 6 varian dengan dua pilihan mesin yakni bensin 1.0 turbo dan 1.2 liter naturally aspirated. Untuk kelas Rp270 jutaan, tersedia tipe Raize 1.0T G CVT. 

Toyota Raize memang memiliki dimensi bodi yang lebih ramping, dengan ukuran panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm dan tinggi 1.635 mm. Dengan ground clearance 200 mm. 

Melihat tampilan antara Toyota Raize 1.2 G dan 1.0 G dengan turbo sekilas terlihat mirip. Secara fisik, Raize 1.0 T disematkan velg 17 inci dengan warna dual tone, yakni silver dan hitam. 

Kesan sebuah SUV yang gagah, sporty, dan atraktif tampak dari aplikasi bumper trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif di depan. 

Pencahayaan di Raize 1.0T G CVT hanya Illuminating Headlamp saja, tidak dilengkapi dengan Daytime Running Light (DRL) dan Sequential Turning Lamp alias lampu sein sekuensial yang terdapat di tipe GR Sport. 

Perbedaan utama jelas terletak pada dapur pacunya. All New Raize 1.0T G CVT adalah varian dengan mesin turbo yang membuat performa menjadi lebih baik dan lebih handal. Varian ini dibekali mesin tiga silinder. 

Raize 1.0 T dibekali mesin 1.000 cc turbo 1KR-VET yang menghasilkan daya 98 PS serta torsi 140 Nm. Sistem transmisi model CVT membuat akselerasi semakin nyaman karena tarikannya yang halus tanpa jeda. 

Fitur yang Andal Untuk Berkendara Harian

Fitur terpasang di Toyota Raize 1.0 G CVT tetap bisa diandalkan, mulai dari meter cluster (MID) 7 inci TFT dengan display interaktif dan modern. Layar dapat diganti-ganti dalam empat opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, serta Analog.

Sistem multimedia dibekali interactive 9 inch head unit bergaya floating design yang terhubung steering switch. Sistem pencahayaan di kabin makin syahdu dengan interior illumination. 

Peredam kejut di bagian depan mengadopsi MacPherson Strut, sedangkan belakang Torsion Beam. Kemudian untuk peranti pengereman, Raize mengandalkan ventilated disc brake 15 inci untuk depan, sedangkan belakang leading – trailing drum brake.

Seluruh tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur keselamatan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer. Kemudian di trim 1.0 G CVT memiliki sepasang SRS Airbags di depan.

(YS)

 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang