Adira Finance Tawarkan Program Menarik untuk Gairahkan Pasar

Berita Otomotif

Adira Finance Tawarkan Program Menarik untuk Gairahkan Pasar

JAKARTA – Adira Finance mengumumkan laporan kinerja kuartal pertama 2021 dengan catatan penurunan hingga 35 persen. Meskipun berada di level terendah, pihaknya masih optimis dengan perkembangan kondisi ekonomi maupun bisnis pada kuartal kedua 2021.

Dilaporkan bahwa menurut Kementrian Keuangan, proyeksi pertumbuhan perekonomian domestik berada di kisaran -1 pesen hingga -0.1 persen pada kuartal 1 2021. Sementara inflasi masih berada di level terendah sebesar 1.37 persen. Hal ini menunjukkan lemahnya daya beli masyarakat.

Di lain pihak, terdapat perbaikan kondisi ekonomi/bisnis pada kuartal 1 2021 dibandingkan dengan sebelumnya. Harapannya dengan adanya vaksinasi dan relaksasi, pemulihan ekonomi nasional dengan menganggarkan APBN 2021 bisa lebih ekspansif.

Kondisi perekonomian domestik yang masih lesu turut berdampak pada kinerja penjualan di industri otomotif. Berdasarkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan wholesale mobil baru dan sepeda motor baru domestik pada kuartal I/2021, masing-masing tercatat sebesar 187 ribu unit dan 1,3 juta unit atau turun 21 persen year-on-year dan 18 persen year-on-year, jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

“Untuk mendorong penjualan industri otomotif, Pemerintah telah mengeluarkan program insentif PPNBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah). Dengan adanya kebijakan ini, diharapkan akan berdampak pada penurunan harga mobil di pasar sehingga menjadi lebih terjangkau. Kami berharap dengan adanya kebijakan ini dapat mendongkrak pembiayaan baru perusahaan terlebih menjelang Idul Fitri,” ucap Hafid Hadeli, Presiden Direktur Adira Finance.
Adira Finance

Ia menambahkan Adira Finance juga menggelar beberapa program untuk bisa kembali menggairahkan pasar. Inovasi terus dilakukan agar bisa mendorong pertumbuhan bisnis ke depannya.

Untuk mendukung penjualan, Adira Finance juga memiliki program marketing “Sahabat Flash Deal” melalui channel digital kami yaitu momobil.id, momotor.id, serta Adiraku yang berlangsung sejak 5 April sampai 12 Mei mendatang. Salah satu program yang kami tawarkan adalah berupa bunga pembiayaan yang kompetitif dan point reward yang menarik,” tutur Hafid kemudian.

Di sepanjang kuartal I/2021, Adira Finance mencatatkan total pembiayaan baru sebesar Rp5,4 triliun, turun 35,6 persen y/y di tengah kondisi penurunan yang masih cukup dalam di industri otomotif. Secara keseluruhan proporsi total pembiayaan baru untuk segmen mobil, sepeda motor dan non-otomotif masing-masing berkontribusi sebesar 37 persen, 45 persen, dan 18 persen.

Adapun Perusahaan lebih berhati-hati dalam melakukan akuisisi pembiayaan baru pada kuartal I/2021 untuk menghadapi peningkatan risiko kredit. Dengan demikian, total piutang yang dikelola Perusahaan sebesar Rp41,9 triliun, turun 23,3 persen y/y jika dibandingkan periode sama tahun lalu. [Dew/Had]

Tag Terkait


Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar