Ada SIM Gratis untuk Warga Kelahiran 1 Juli! Ini Kuota dan Lokasinya

Berita Otomotif

Ada SIM Gratis untuk Warga Kelahiran 1 Juli! Ini Kuota dan Lokasinya

SERANG – Kepolisian Daerah (Polda) Banten memberikan SIM (Surat Izin Mengemudi) gratis bagi warga mereka yang lahir pada 1 Juli. Namun, kuotanya terbatas.

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Banten Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Belny Warlansyah, seperti dikutip dari Antara baru-baru ini, menjelaskan bahwa kuota program tersebut dibatasi hanya untuk 100 orang yang lahir pada 1 Juli. Program SIM gratis mereka gelar sebagai bagian perayaan HUT ke-75 Bhayangkara pada 1 Juli 2021.

SIM gratis bagi warga Banten berlaku untuk pembuatan baru maupun perpanjangan.

"Program ini hanya berlangsung selama tiga hari, sejak 1 Juli kemarin hingga 3 Juli 2021,” ucap dia.

SIM gratis 2021

Agar tidak penuh dan menciptakan kerumunan yang masif di tengah pandemi Covid-19, Polda Banten membagi-bagi kuota total SIM gratis per harinya.

Pada hari pertama, diberikan kuota bagi 40 orang terlebih dahulu. Sisanya baru pada dua hari tersisa yakni Jumat (2/7/2021) ini serta Sabtu (3/7/2021) besok.

Persyaratan khususnya, menurut dia, hanya warga Banten yang lahir pada 1 Juli. Ini akan mereka lihat dari data yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Adapun persyaratan yang lain sama saja dengan pembuatan atau perpanjangan SIM secara reguler. Misalnya saja lulus tes teori, praktik, tes kesehatan, dan psikologi.

Untuk yang melakukan perpanjangan, SIM asli pun wajib dibawa serta.

“Setelah semua terpenuhi, kami akan cetak SIM-nya. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Bank BRI,” kata Belny lagi.

SIM gratis HUT Bhayangkara ke-75

Program SIM gratis di Polda Banten, tegasnya, dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19 ketat 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas).

Beni pun menyebutkan, tema HUT ke-75 Bhayangkara sendiri berhubungan dengan Covid-19 yaitu "Transformasi Polri yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju".

Bukan hanya Polda Banten yang melaksanakan program SIM gratis dalam rangka Hari Jadi Kepolisian Indonesia, Polda Sulawesi Selatan diketahui juga menggelarnya. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar