Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Nyaris 100 Ribu Mobil Diperkirakan Masuk Jakarta pada Akhir Pekan Usai Libur Tahun Baru

Berita Otomotif

Nyaris 100 Ribu Mobil Diperkirakan Masuk Jakarta pada Akhir Pekan Usai Libur Tahun Baru

JAKARTA – Volume kendaraan mendekati 100 ribu unit diperkirakan melintas di ruas tol arah Jakarta pada akhir pekan untuk kembali bekerja pada Senin (6/1/2020) usai libur tahun baru.

Sekadar mengingatkan, tahun baru 2020 jatuh pada Rabu pekan lalu yang ternyata ‘diwarnai’ dengan hujan lebat dan banjir hebat di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Sebelum itu, banyak pekerja kantoran yang kemudian mengambil cuti pada sisa hari di minggu tersebut untuk rehat dan berlibur.

Tentu saja, akhir pekan kemarin menjadi masa-masa terakhir kembali ke Ibu Kota. Peningkatan arus kendaraan melintas tol untuk kembali ke Ibu Kota pun terjadi.

Sepanjang Sabtu (4/1/2020), volume kendaraan yang melintasi Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dari arah Tol Trans Jawa menurut Jasa Marga mencapai 52.363 unit. Jumlahnya meningkat lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan arus lalu lintas normal pada hari yang sama.

“Jumlah ini meningkat 101% dibandingkan lalu lintas harian normal sebanyak 26.032 kendaraan,” ucap Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga (Persero), Dwimawan Heru, Minggu (5/1/2019), seperti dikutip dari laman daring NTMC Polri.

Arus lalu lintas tertinggi yang melintasi GT Cikampek Utama pada Sabtu, tambah Dwimawan, terjadi pada pkl. 17.00 – 18.00 WIB. Volume kendaraan selama satu jam itu mencapai 3.069 mobil.

Dia lalu memprediksi bahwa arus lalu lintas pada Minggu akan menurun dibandingkan Sabtu. Volumenya diproyeksikan mencapai 42.674 unit.

Meski demikian, angka itu masih naik 13 persen dibandingkan waktu normal di hari yang sama. Lalu lintas di masa normal ‘hanya’ mencapai 37.765 unit.

Dengan demikian, jika ditambahkan, Jasa Marga memprediksi 95.037 mobil melintas GT Cikampek Utama untuk masuk Jakarta hanya pada dua hari kemarin. Tentu saja, jumlah total arus balik kendaraan masuk ke Ibu Kota saat selesai libur Natal dan tahun baru 2020 bakal lebih membengkak lagi. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang