8.000 Mobil Chevrolet di Indonesia Kena Recall, Ditunggu di Bengkel Resmi

Berita Otomotif

8.000 Mobil Chevrolet di Indonesia Kena Recall, Ditunggu di Bengkel Resmi

JAKARTA – Ribuan mobil Chevrolet di Indonesia mendapatkan recall karena isu pada airbag yang disuplai Takata.

General Motors (GM), pabrikan dari merek Chevrolet, memang tidak lagi berjualan di Indonesia per Maret 2020. Akan tetapi, mereka masih menangani purnajual dan menyediakan puluhan bengkel resmi.

GM Indonesia pun, melalui keterangan resmi pada 1 Juni 2021, mengumumkan kampanye recall (penarikan dan perbaikan gratis). Penyebabnya adalah potensi masalah pada airbag Takata yang dampaknya lintas merek serta sempat menghebohkan industri otomotif global beberapa waktu lalu.

servis di bengkel resmi Chevrolet

“Hal ini tidak lain adalah sebagai wujud komitmen Chevrolet Indonesia untuk terus menyediakan layanan purna jual, penyediaan suku cadang, perlindungan garansi (warranty) bagi seluruh pemilik kendaraan Chevrolet, termasuk perbaikan kendaraan dibawah kegiatan safety recall” ucap Dadan Ramadhani, Direktur Aftersales and Customer Care General Motors Indonesia.

Terdapat total 8.000 unit kendaraan Chevrolet di Indonesia yang masuk dalam kampanye tersebut. Ini bagian dari recall global GM yang diawali dari notifikasi National Highway Traffic Safety Administrator (NHTSA) yang menemukan adanya risiko serius serpihan logam yang berasal dari wadah propellant di dalam airbag dapat terlontar pada saat air mengembang.

Jika terjadi, hal ini dapat menyebabkan cedera serius. Bahkan, ada risiko kematian.

Daftar Mobil Chevrolet yang Kena Recall Airbag Takata

Terdapat empat model Chevrolet di Indonesia yang termasuk dalam recall airbag Takata. Berikut rinciannya:

  • Chevrolet Orlando  : produksi 2012 – 2017
  • Chevrolet Aveo      : produksi 2012 – 2014
  • Chevrolet Cruze     : produksi 2010 – 2013
  • Chevrolet Trax       : produksi 2016 - 2018

Sayangnya, tidak disebutkan jumlah populasi unit yang terkena recall di Indonesia untuk masing – masing model. Tidak dijelaskan pula berapa lama waktu penggantian komponen.

Adapun jumlah bengkel resmi (Authorized Service Outlet/ASO) GM di Indonesia saat ini berjumlah 30 outlet.

Bagi pemilik model – model yang disebutkan di atas dapat menanyakan dan memperoleh informasi dari tiga sumber yakni Chevrolet Assistance Center di 08111024389 dan 08111824389, situs Chevrolet Indonesia di www.chevrolet.co.id, maupun situs recall GM di www.my.gm.com/recalls. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar