8 Merek Mobil Jadikan V-Kool Kaca Film Bawaan, Apa Saja Modelnya?

Berita Otomotif

8 Merek Mobil Jadikan V-Kool Kaca Film Bawaan, Apa Saja Modelnya?

JAKARTA – Beragam merek mobil dari Asia hingga Eropa menjadikan V-Kool kaca film bawaan untuk model-model mereka di pasar Indonesia.

V-Kool mengklaim hingga saat ini sudah terdapat delapan merek di pasar roda empat Tanah Air yang menjadikan kaca film mereka sebagai OEM (Original Equipment Manufacturer).

Merek-merek itu kebanyakan menggunakan paket OEM V-Kool Silver Series yang diperkenalkan sejak 2018. Tapi, ada juga yang memilih Diamond Series—merupakan tipe tertinggi V-Kool.

“Teknologi V-Kool adalah yang terbaik sampai saat ini. Selama tiga tahun kami memasarkan V-Kool Silver Series, berbagai kerja sama dengan APM (Agen Pemegang Merek) telah kami jalankan. Termasuk menjadikan kaca film produksi kami sebagai OEM dari beberapa tipe mobil premium atau mewah,” kata Vice President PT V-Kool Indo Lestari Linda Widjaja, melalui keterangan resmi pada Jumat (22/10/2021).

kaca film V-Kool

Silver Series merupakan kaca film berbahan non metal. Nano Technology yang diusungnya diklaim memungkinkan Infra Red Rejection (IRR) atau kemampuan menolak sinar infra merah lebih dari 96 persen, mengungguli semua kaca film di kelasnya yang ada di pasaran saat ini.

Kaca film sejenis dengan material non metal biasanya hanya punya daya tolak sinar infra merah sekitar 55 persen. Di sisi lain, hadirnya kaca film Silver Series juga mengedepankan perlindungan privasi.

Berikut daftar merek-merek yang menggunakan paket OEM V-Kool Silver Series. Disinggung juga berbagai modelnya:

  • Honda: HR-V, Civic, Odyssey, Accord
  • Mitsubishi: Pajero Sport, Xpander Cross
  • Nissan: Serena, Kicks e-Power, X-Trail, Leaf
  • Kia: Sedona, Seltos
  • Suzuki: Jimny
  • Volkswagen (VW): Tiguan, Golf, Caravelle
  • Jaguar (VK30 untuk kaca depan, OEM Series kaca samping dan belakang)
  • Land Rover (VK30 untuk kaca depan, OEM Series kaca samping dan belakang)

Diamond Series, di sisi lain, ialah kaca film berteknologi Multi-layer Sputtered Metal yang diperkuat dengan emas sehingga sangat baik dalam memantulkan panas. Performanya bahkan diklaim paling tinggi dalam menolak panas.

Adapun model-model yang menjadikan V-Kool Diamond Series sebagai kaca film bawaan, ialah Toyota Land Cruiser, Toyota Alphard, Toyota FT86 dan Toyota Fortuner. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar